Atasi Masalah Lingkungan, Ribuan Pohon Ditanam di Pacitan

AZ - Selasa, 18 Desember 2018 17:10 WIB
Bupati Pacitan Indartato (tiga kanan) bersama sejumlah pihak menanam pohon trembesi di lapangan Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. undefined

Halopacitan, Pringkuku—Penanaman ribuan pohon ini dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan Selasa (18/12/2018) dan sebagai bagian dari peringatan Hari Tanam Pohon Nasional 2018.

Kita harus sadar semuanya bagaimana dengan kondisi tanah di Kabupaten Pacitan. Salah satunya dengan penghijauan kembali,” kata Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya.

Seperti diketahui Pacitan kerap menghadapi masalah lingkungan. Ketika musim kemarau banyak daerah yang dilanda kekeringan. Sebaliknya ketika musim hujan banjir dan longsor banyak terjadi di sejumah titik. Penanaman pohon menjadi salah satu solusi dari persoalan tersebut.

Sedangkan Edy Djunan Ahmadi Kepala DLH Kabupaten Pacitan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan atas prakarsa Pemerintah Kabupaten Pacitan, yang didukung sepenuhnya oleh PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan.

“Pohon yang ditanam adalah bibit kayu Trembesi sejumlah 1.500 batang, Alpukat 200 batang dan bibit Mangrove 1. 000 batang,” katanya dalam sambutan tertulis.

Dia berharap dapat menjadikan semangat dan motivasi untuk selalu berupaya menjaga lingkungan. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi dorongan untuk warga masyarakat dan kita semua untuk menjaga dan memelihara lingkungan kita sendiri-sendiri,” tambahnya.

General Manager PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program tahunan yang di laksanakan oleh PLTU Pacitan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Namun pada kali ini diperuntukan konservasi sumber air. “Ini salah satu program kami untuk konservasi sumber air, mengingat cadangan air pada wilayah Pacitan semakin berkurang, untuk itu kami memilih pohon trembesi karena terbukti dapat mengikat air,” katanya.

Bagikan

RELATED NEWS