Bupati: Jasad dari Bumi Nanti Kita akan Kembali ke Bumi

AZ - Senin, 29 April 2019 13:15 WIB
Bupati Pacitan Indartato (tengah) menyaksikan produk unggulan Sudimoro undefined

Halopacitan, Sudimoro—Hal tersebut disampaikan Bupati Pacitan Indartato saat peringatan Hari Bumi yang dilaksanakan di Wanawisata Cagak Telu Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro Senin (29/04/2019).

"Jasad kita ini berasal dari bumi, dan nanti kita akan kembali ke bumi,” kata Indartato. Peringatan mengambil tema "Synergizing for Our Better Nature" tersebut terselengara kerjasama antara PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan, Pemdes Sukorejo dan Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Acara dimulai dengan penanaman pohon secara simbolik oleh Bupati diikuti oleh GM PT. PJB Didik Mardiyantara dan sejumlah pihak. Selain acara seremonial di tempat tersebut juga digelar display produk unggulan desa, yang menawarkan berbagai produk dari batik hingga makanan ringan.

"Kerjasama antara masyarakat, pemerintah dan pihak swasta sangat penting dalam pelestarian alam. Alhamdulillah di Sukorejo ini PT. PJB selain peduli lingkungan juga peduli dengan masyarakat dengan berkomitmen membantu perkembangan pariwisata di Pacitan, utamanya di Cagak Telu ,” lanjut Indartato.

Diwawancarai terpisah, General Manager PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan Didik Mardiyantara menyampaikan komitmennya terhadap pelestarian alam. Menurutnya industri yang baik pasti membawa manfaat baik kepada masyarakat maupun lingkungan alam.

Disinggung tentang efek PLTU, Mardiyanto menjelaskan tehnologi yang digunakan untuk pembangkit listrik di PLTU Sudimoro sudah sangat canggih, sehingga dampak merugikan bisa ditekan sangat minim.

"Kami memiliki rata-rata RP600 juta CSR per tahun yang kami kembalikan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk program. Dari mulai pembangunan insfrastruktur, pelestarian lingkungan seperti yang kita laksanakan pagi ini, pengembangan sumber daya manusia, penyantunan anak yatim, pengembangan wisata dan masih ada beberapa lagi,” ucapnya.

"Demikian pula dalam hal tenaga kerja, dari hampir 700 tenaga yang beroperasi di PLTU, 80%-nya adalah masyarakat sekitar. Kedepan kita ingin memiliki tenaga terlatih dan terdidik dari masyarakat sekitar melalui program pengembangan SDM." Lanjut Didik.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan-Ponorogo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Wardoyo menyampaikan pihaknya tetap berkomitmen dengan penanaman pohon, dan baru saja Kantor Cabang Dinas Kehutanan menyalurkan bantuan bibit tanaman buah kepada masyarakat sebanyak 20.000 tanaman buah. "Kita bagi 11.000 untuk wilayah Pacitan dan 9.000 batang di Ponorogo,” ucapnya.

Bagikan

RELATED NEWS