Di Tepi Tebing, Tiang Listrik Ini Berisiko Ambruk

Tiang listrik yang ada di Dusun Siwalan, Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan ini berisiko tinggi untuk ambruk karena berdiri tipis di pinggir tebing.

Oleh Eko Prasetyo 06 Dec 08:25
image Tiang listrik yang ada di tepi tebing Dusun Siwalan, Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan yang berada di tepi jurang. (sumber: Halopacitan/Eko Prasetyo)

Halopacitan, Pacitan—Menurut keterangan sejumlah warga awalnya tiang listrik ini berada jauh dari tepi tebing, tetapi pembangunan jalan menggerus tebing membuat posisinya menjadi rawan.

 “Sebelumnya jauh dari perengan jalan, sekitar 1 meteran, tetapi semenjak ada pelebaran jalan itu tinggal beberapa sentimeter saja,” kata Romilan (43) salah seorang warga sekitar mengatakan. Dia menambahkan proyek pelebaran jalan itu terjadi beberapa bulan lalu.

Sodikin (36) salah seorang pengguna jalan yang lewat, mengaku khawatir tertimpa tiang listrik tersebut,terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini. “Pangkal tiang listriknya sudah kelihatan dari sini,” ucapnya saat ditanyai Halopacitan Rabu (05/12/2018).

Dia juga memprediksi, jika terkena hujan sekali lagi tiang tersebut kemungkinan besar ambruk. “Kondisi tanahnya aja sudah seperti itu,  kalau hujan deras sekali saja pasti ambruk,” Tebaknya.

Milan menyampaikan posisi tiang listrik itu tidak jauh dari masjid dan beberapa rumah warga . “Khawatir kalau ini jadi ambruk, kabelnya pasti kena masjid dan perumahan itu di sekitarnya,” katanya. Dia berharap pihak yang berwenang untuk segera memperbaiki tiang tersebut sebelum.

img

Pacitan Bangkit

Banjir besar dan tanah longsor yang menimpa ribuan saudara kita di Pacitan pada 28 November 2017 lalu adalah kesedihan kita bersama. Bagi yang lahir dan hidup di Pacitan saat ini, mungkin inilah bencana terbesar, terdahsyat dan yang terbanyak menimbulkan korban jiwa.