Garam Tidak Efektif, Berikut Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Serbuan puluhan ular membuat warga di Desa Pongok ketakutan. Bahkan tiga warga telah  menjadi korban gigitan ular berbisa tersebut. Ada berbagai cara untuk mencegah reptile itu masuk rumah dan garam ternyata bukan cara yang tepat.

Oleh AZ 05 Dec 15:43
image ilustrasi (sumber: blogs.discovermagazine.com)

Halopacitan, Pacitan—Berbagai sumber menyebutkan garam tidak membuat ular takut. Cara ini biasanya akan efektif untuk mencegah binatang berlendir seperti bekicot.  Berikut ada beberapa cara dan tips yang bisa dicoba untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Keset dan Ijuk

BIsa menaruk keset dengan permukaan pasar untuk mencegah ular masuk, karena kulit ular sangat sensitif hingga mereka akan menghindari permukaan yang kasar. Bisa juga menaruh ijuk di jalur masuk rumah.

Parfum

Ular tidak suka dengan aroma wangi yang terlalu menyengat. Dia pasti selalu berusaha menjauhi wilayah yang mempunyai aroma wangi. Untuk itu parfum bisa digunakan untuk menghalau mereka. Bisa juga menggunakan karbol mengingat baunya yang cukup menyengat.

Pengusir Alami

Pengusir ular alami misalnya dengan menggunakan campuran minyak kayu manis dan minyak cengkih dengan perbandingan 1:1. Kombinasi minyak ini akan memberikan bau yang pekat dan efek panas pada kulit. Ular tidak menyukai aroma ini. Semprotkan  minyak ini di tempat yang ada perkiraan ular bakal memasuki tempat itu.

Pencegahan lainnya bisa dengan cara menanam bunga keningkir di sekitar rumah. Tak hanya ular yang benci bunga ini tapi  nyamuk juga tidak suka dengan tumbuhan ini

Kenali Faktor Penarik Ular

Ular tidak berbeda dengan makhluk hidup lainnnya. Mereka datang hanya untuk mencari makanan atau tempat tinggal yang aman. Jadi hindari tempat-tempat yang bisa digunakan untuk bintang makanan ular tinggal seperti tumpukan rumput, tumpukan kayu dan sebagainya.  Waspada juga yang memelihara burung karena akan mengundang ular masuk rumah.  Demikian juga yang punya kolam ikan di halaman, sebaiknya untuk lebih hati-hati karena ikan mengundang ular datang.

Pangkas Rumput Halaman

Ular suka dengan semak belukar semacam ini, sebaliknya ia cenderung menghindari melewati rumput yang pendek karena secara naluri ia akan merasakan adanya potensi bahaya. Rumput yang pendek akan membuatnya terlihat oleh mangsa semisal elang.

img

Bencana 28 November Menyatukan Warga di Perantauan

Tidak ada yang menginginkan bencana, tetapi juga tidak ada yang mampu menolaknya. Ketika keputusan Tuhan datang, yang bisa dilakukan hanyalah menerima dan menjalaninya. Tetapi selalu ada hikmah dari setiap bencana yang datang.