Garam Tidak Efektif, Berikut Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

AZ - Rabu, 05 Desember 2018 15:40 WIB
ilustrasi undefined

Halopacitan, Pacitan—Berbagai sumber menyebutkan garam tidak membuat ular takut. Cara ini biasanya akan efektif untuk mencegah binatang berlendir seperti bekicot. Berikut ada beberapa cara dan tips yang bisa dicoba untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Keset dan Ijuk

BIsa menaruk keset dengan permukaan pasar untuk mencegah ular masuk, karena kulit ular sangat sensitif hingga mereka akan menghindari permukaan yang kasar. Bisa juga menaruh ijuk di jalur masuk rumah.

Parfum

Ular tidak suka dengan aroma wangi yang terlalu menyengat. Dia pasti selalu berusaha menjauhi wilayah yang mempunyai aroma wangi. Untuk itu parfum bisa digunakan untuk menghalau mereka. Bisa juga menggunakan karbol mengingat baunya yang cukup menyengat.

Pengusir Alami

Pengusir ular alami misalnya dengan menggunakan campuran minyak kayu manis dan minyak cengkih dengan perbandingan 1:1. Kombinasi minyak ini akan memberikan bau yang pekat dan efek panas pada kulit. Ular tidak menyukai aroma ini. Semprotkan minyak ini di tempat yang ada perkiraan ular bakal memasuki tempat itu.

Pencegahan lainnya bisa dengan cara menanam bunga keningkir di sekitar rumah. Tak hanya ular yang benci bunga ini tapi nyamuk juga tidak suka dengan tumbuhan ini

Kenali Faktor Penarik Ular

Ular tidak berbeda dengan makhluk hidup lainnnya. Mereka datang hanya untuk mencari makanan atau tempat tinggal yang aman. Jadi hindari tempat-tempat yang bisa digunakan untuk bintang makanan ular tinggal seperti tumpukan rumput, tumpukan kayu dan sebagainya. Waspada juga yang memelihara burung karena akan mengundang ular masuk rumah. Demikian juga yang punya kolam ikan di halaman, sebaiknya untuk lebih hati-hati karena ikan mengundang ular datang.

Pangkas Rumput Halaman

Ular suka dengan semak belukar semacam ini, sebaliknya ia cenderung menghindari melewati rumput yang pendek karena secara naluri ia akan merasakan adanya potensi bahaya. Rumput yang pendek akan membuatnya terlihat oleh mangsa semisal elang.

Bagikan

RELATED NEWS