Hindari Stres, Sempatkan Yoga di Tengah Kerja

AZ - Senin, 08 April 2019 12:54 WIB
ilustrasi undefined

Halopacitan, Pacitan—Sebuah studi di Amerika melakukan 13 percobaan dengan sekitar 1.300 peserta yang untuk menelitik efek yoga di dunia kerja. Sebagian dari mereka dipilih secara acak untuk berpartisipasi dalam program yoga di tempat kerja sementara yang lain tidak.

Yoga tampaknya tidak mempengaruhi kesehatan jantung, tetapi yoga di tempat kerja memang memiliki efek positif pada kesehatan mental dan pengurangan stres pada khususnya.

"Yoga di tempat kerja bisa menjadi salah satu program yang dipilih untuk mengurangi tingkat stres, dan biasanya membutuhkan investasi rendah, dengan peralatan minimal," kata penulis studi utama Laura Maria Puerto Valencia dari Bavarian Health and Food and Safety Authority di Munich, Jerman.

Namun sulit untuk mengatakan, seberapa besar yoga itu sendiri yang bertanggung jawab daripada budaya tempat kerja di perusahaan yang mau mencoba yoga di tempat kerja.

“Biasanya perusahaan yang mengizinkan atau merencanakan uji coba terkontrol secara acak yoga di tempat kerja tertarik untuk mengurangi tingkat stres, meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas; akibatnya, itu bisa menjadi tempat dengan lingkungan stres yang lebih rendah (dibandingkan dengan) perusahaan lain pada umumnya, ”kata Puerto Valencia sebagaimana dikutip Reuters.

Namun, semakin banyak perusahaan yang memperluas pendekatan mereka terhadap kesehatan kerja untuk memasukkan tidak hanya upaya untuk menghindari kecelakaan dan cedera tetapi juga layanan untuk meningkatkan kesehatan mental serta kebiasaan makan dan olahraga yang baik.

Dan hasilnya harus mendorong perusahaan untuk memasukkan yoga sebagai bagian dari pendekatan mereka terhadap kesehatan di tempat kerja, tim studi menyimpulkan.

Namun, penelitian ini bukan eksperimen terkontrol yang dirancang untuk membuktikan bagaimana yoga dapat secara langsung mengubah tingkat stres. Para peneliti juga tidak menghitung besarnya pengurangan stres yang disebabkan oleh yoga.

“Pesan yang dibawa tampaknya bahwa yoga adalah praktik yang baik di tempat kerja sebagai cara mengurangi stres,” kata Stacy Hunter, seorang peneliti di Texas State University di San Marcos yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Pekerja yang tidak melakukan yoga di tempat kerja masih dapat menemukan cara untuk berlatih. "Bahkan jika kelas yoga tidak disediakan di tempat kerja, teknik pranayama sederhana (pernapasan yoga) dapat dipraktikkan di meja di bilik atau kantor," saran Hunter.

"Sementara sebagian besar studi dalam ulasan ini termasuk postur yoga, pernapasan yoga yang lambat, dalam, juga menunjukkan memiliki respons relaksasi yang dapat berkontribusi pada pengurangan stres di tempat kerja."

Bagikan

RELATED NEWS