Ingin Kamping atau Memancing, Silahkan Datang ke Pantai Watu Bale

Dari ujung barat sampai timur pesisir Pacitan terdapat puluhan wisata pantai dengan beragam keunikannya. Salah satu yang layak untuk didatangi adalah Pantai Watu Bale.

Oleh Tomi Herlambang 17 Mar 10:39
image Pantai Watu Bale (sumber: Halopacitan/Tomi Herlambang)

Halopacitan, Tulakan—Terletak di Dusun Godek Wetan Desa Jetak Kecamatan Tulakan, atau sekitar 25 km dari Kota Pacitan, Watu Bale resmi dibuka pada Januari 2018.  Pantai Watu Bale menjadi satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menawarkan pemandangan eksotis.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini. Bagi Anda penggemar memancing, ada spot yang cukup menantang di antara bebatuan karang.

Di atas tebing pantai dengan pemandangan lepas ke samudera juga ada area yang disediakan untuk berkemah atau kamping. Batu-batu karang yang dihantam deburan ombak juga menjadi latar belakang menarik untuk sekadar selfie atau swafoto.

Pantai ini pun pas untuk sekadar menghilangkan kepenatan dengan menikmati deburan ombak yang menghantam bebatuan sembari minum kopi di cafe yang disediakan penduduk setempat.

Di sebut Watu Bale karena ada sebuah batu besar yang bentuknya seperti balai-balai. Sayang, saat berkunjung ke sana halopacitan tidak bisa menuju ke spot utama tersebut karena jalan satu-satunya dengan menyusuri tebing sepanjang 100 meter longsor dan sedang dalam perbaikan.

"Empat hari lalu longsor, mengikis jalan sehingga agak berbahaya untuk dilewati pengunjung. Sedang diperbaiki bergotong-royong,” kata Deny, salah satu pemilik cafe di Watu Bale Sabtu (16/03/2019).

Dari Watu Bale kita juga bisa menyaksikan puluhan perahu nelayan yang sedang mencari ikan, dan diseberang kanan terlihat jelas Pantai Soge yang memiliki garis pantai panjang.

Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyusuri Jalur Lintas Selatan arah Kota Trenggalek.  Pantai Watu Bale terletak di 1 km sebelah timur Pantai Pidakan dengan jalan masuk yang lebar dan sudah diperkeras. Pantai Watu Bale hanya 100 meter dari ruas jalan utama.

img

Hempasan Air Bah dari Gua Purba

Pacitan mengalami fenomena langka ketika dilanda banjr besar pada Rabu 29 November 2017. Hujan tanpa jeda akibat siklon tropis Cempaka telah membuat banyak wilayah terendam.

img

Pantai Teleng Rusak Terkoyak Bencana

Dua hari pasca banjir yang melanda berbagai daerah di Pacitan, sebuah kabar buruk datang dari pantai Teleng Ria. Lokasi tujuan utama wisata pantai di Pacitan ini rusak parah.

img

Menikmati Panorama Kota Pacitan Dari Gunung Lanang

Panorama Kota Pacitan jika dilihat dari ketinggian sangat indah. Salah satu titik point untuk menikmati panorama Kota Pacitan dari atas adalah dari puncak Gunung Lanang yang berada di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung.