Kolong Geblek Pacitan, Teman Nikmat Minum Kopi

AZ - Rabu, 13 Maret 2019 10:10 WIB
Kolong geblek undefined

Halopacitan, Pacitan—Berbeda dengan kolong klithik yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Pacitan, kolong geblek memang kurang tenar. Salah satunya karena harus digoreng basah sehingga kurang awet untuk dibawa lebih dari satu hari.

Makanan ini terbuat dibuat dari ketela pohon atau singkong dan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit kenyal, kolong ini sangat populer di kalangan masyarakat Pacitan sebagai camilan dan teman mengobrol.

Cara pembuatan kolong geblek sangat mudah. Yang perlu disiapkan adalah ketela pohon, parutan kelapa, tepung kanji dan garam. Langkah pertama, ketela yang sudah dikupas diparut, dicampur air lalu diperas untuk memisahkan sari pati dengan ampas.

Air perasan didiamkan satu jam, dari perasan tersebut airnya dibuang hingga tinggal menyisakan sari pati, lalu dicampur kembali dengan ampas perasan ketela, tambahkan parutan kelapa dan garam secukupnya sehingga menjadi adonan lalu dikukus kurang lebih 10 menit. Angkat adonan lalu di bentuk bulat-bulat dan ditaburi tepung kanji agar tidak lengket satu dengan lainnya, kemudian digoreng hingga matang jadilah kolong geblek khas Pacitan.

Ketela yang paling gurih untuk bahan baku kolong geblek ini adalah dari jenis jinten atau pandesi dan ketepatan taburan pati kanji di atas adonan akan mempengaruhi kerenyahan kolong geblek.

Bagikan

RELATED NEWS