Kolong Geblek Pacitan, Teman Nikmat Minum Kopi

Gurih, begitu kesan pertama saat menggigit salah satu sajian khas Pacitan ini. Paling enak ketika dinikmati sambil ngopi.

Oleh Tomi Herlambang 13 Mar 10:14
image Kolong geblek (sumber: Halopacitan/Tomi Herlambang)

Halopacitan, Pacitan—Berbeda dengan kolong klithik yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Pacitan, kolong geblek memang kurang tenar. Salah satunya karena harus digoreng basah sehingga kurang awet untuk dibawa lebih dari satu hari.

Makanan ini terbuat dibuat dari ketela pohon atau singkong dan  memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit kenyal, kolong ini sangat populer di kalangan masyarakat Pacitan sebagai camilan dan teman mengobrol.

Cara pembuatan kolong geblek sangat mudah. Yang perlu disiapkan adalah ketela pohon, parutan kelapa, tepung kanji dan garam. Langkah pertama, ketela yang sudah dikupas diparut, dicampur air lalu diperas untuk memisahkan sari pati dengan ampas.

Air perasan didiamkan satu jam, dari perasan tersebut airnya dibuang hingga tinggal menyisakan sari pati, lalu dicampur kembali dengan ampas perasan ketela, tambahkan parutan kelapa dan garam secukupnya sehingga menjadi adonan lalu dikukus kurang lebih 10 menit. Angkat adonan lalu di bentuk bulat-bulat dan ditaburi tepung kanji agar tidak lengket satu dengan lainnya, kemudian digoreng hingga matang jadilah kolong geblek khas Pacitan.

Ketela yang paling gurih untuk bahan baku kolong geblek ini adalah dari jenis jinten atau pandesi dan ketepatan taburan pati kanji di atas adonan akan mempengaruhi kerenyahan kolong geblek.

img

Ini Anggur? Bukan Ini Sale Pisang, Oleh-Oleh Khas dari Pacitan

Mendengar kata ‘sale’ biasanya orang akan teringat pada makanan yang dibuat dari pisang yang digoreng tipis-tipis dan menjadi makanan khas Jawa Barat, tetapi ada sale yang berbentuk bulat-bulat seperti anggur, dan jika ke Pacitan, maka layak untuk dijadikan oleh-oleh.