Laut Sedang Bicara, Mari Kita Dengarkan

Ombak besar menerjang pesisir selatan Jawa mengakibatkan kerusakan di sejumlah pantai. Tak perlu mengeluh, sejenak mari mengalah dan memberi ruang kepada alam untuk menunjukkan kekuatannya.

Oleh Editor 21 Jul 12:56
image Diambil dengan kamera drone, ombak besar tampak menerjang Pantai Pangasan (sumber: Istimewa/danang)

 

Halopacitan, Pacitan--Sejumlah pantai di Kabupaten Pacitan terdampak oleh gelombang tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir. Sejumlah bangunan rusak, air menghempas jauh dari garis pantai.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam peringatan dininya mengatakan gelombang tinggi masih akan berlangsung hingga tanggal 25 Juli 2018 dengan puncaknya diperkirakan pada tanggal 24 Juli 2018.

 

Ombak di Pantai Teleng Ria menghempas jauh dari garis pantai (Istimewa/Danang)

Bagi masyarakat pantai, ada sejumlah kepercayaan lain terkait ombak besar. Salah satunya mereka meyakini penguasa Laut Selatan sedang membersihkan halaman rumahnya. Dan itu biasanya dilakukan secara rutin setiap hari.

 

Tak perlu berdebat tentang beda pemahaman tersebut. Yang penting, inilah saatnya manusia harus mengalah dan sejenak menyingkir dari tepi pantai.  

 

Ombak besar terus menghempas Pantai Teleng Ria (Istimewa/Danang)

Sudah begitu banyak keindahan yang laut berikan kepada manusia. Tak terhitung rezeki yang diberikan samudera kepada kita. Mari mengalah sejenak karena lautan sedang berbicara, dan kita harus mendengarkannya.

 

img

Galadesa, Semangat Sepakbola Rakyat

Galadesa juga disebut turnamen antar kampung atau ‘tarkam’. Biasanya, arena galadesa menjadi ajang pemuda menunjukkan bakat hebatnya dalam menggocek bola. Para pemain tampil ‘all out’ untuk memberikan kemenangan untuk kampungnya. Harga diri dipertaruhkan.