Mahal dan Biar Bikin Rindu, Air Mancur Akrobatik Hanya Beraksi Malam Minggu

AZ - Jumat, 14 Desember 2018 18:54 WIB
Air mancur akrobatik, yang terletak di taman Alun-alun Pacitan. undefined

Halopacitan, Pacitan – Kehadiran air mancur tersebut sebenarnya menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Suguhan berbagai warna serta gerakan eksotis air mancur akan menghiasi taman kota saat malam tiba. Namun hanya pada minggu saja fasilitas ini diaktifkan.

“Di malam Minggu saja antara jam 19.30 sampai jam 21.00. Selain itu di malam hari besar juga akan dioperasikan,” kata Edy Djunan Ahmadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan kepada Halopacitan Jumat (14/12/2018).

Selain efisiensi, pengoperasian seminggu sekali diharapkan juga tidak membuat masyarakat cepat jenuh “Supaya kehadirannya terus dinantikan oleh masyarakat. Selain itu juga di malam akhir pekan banyak wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Pacitan. Jadi itu momentum yang pas,” Tambahnya.

Prayitno Kepala Bidang (Kabid Pertamanan) DLH Kabupaten Pacitan menambahkan, program hemat energi listrik juga menjadi dasar keputusan pengelola. Pasalnya, butuh daya listrik sebesar 23.000 Watt untuk mengoperasikan air mancur akrobatik tersebut.

“Dalam satu jam penyalaannya itu memakan daya listrik sekitar 10.000 Watt. Jadi kalau nyalanya 1,5 jam sekitar 15.000 watt. Itulah mengapa jam operasionalnya kami batasi seminggu sekali,” Katanya.

Pembangunan fasilitas publik ini, menurut Prayitno menelan biaya sekitar Rp1,1 miliar dan pembangunannya selesai dalam empat bulan dengan selesai pada 6 Desember 2018 lalu.

Bagikan

RELATED NEWS