Memburu Keindahan Menawan di Sisi Timur Pacitan

AZ - Rabu, 20 Juni 2018 09:26 WIB
Pantai Kiwil undefined

Halopacitan, Ngadirojo— Wilayah timur Kota Pacitan menawarkan sejumlah objek wisata dengan akses jalan yang cukup mudah. Di Kecamatan Ngadirojo Pacitan ini Anda akan dimanjakan oleh beberapa objek wisata pantai di seperti Pantai Soge yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Tempat ini berada di pinggir Jalan Lintas Selatan (JLS), dan pastinya memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Di Pantai Soge juga wahana danau selain bisa untuk berenang juga disediakan perahu kecil untuk mengintari danau dengan tarif sewa Rp15.000. Selain itu Jembatan Soge juga menawarkan keelokannya untuk mengabadikan momen liburan.

Pantai Soge (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Pantai Soge (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Objek wisata lainnya yaitu Pantai Puring, yang letaknya juga berada di pinggir Jalan Lintas Selatan, atau berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, dan tepat berada di sebelah timur Pantai Soge.

Dengan letaknya yang cukup mudah diakses. Karena deburan ombak yang keras, pengunjung dilarang berenang di pantai ini. Tetapi jangan khawatir, wilayah ini menawarkan pemandangan nan menawan yang akan membuat Anda betah berlama-lama di Pantai ini.

Pantai Puring (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Pantai Puring (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Selain itu ada juga beberapa pantai yang masih tersembunyi di Kecamatan Ngadirojo, walaupun sudah dikelola masyarakat setempat tetapi belum maksimal, salah satunya Pantai Siwil.

Pantai Siwil di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo letaknya tersembunyi dan masih asri, karena akses jalannya tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan harus jalan kaki kurang lebih 1 kilometer untuk sampai pantai tersebut, selain belum dikelola dengan baik, bahkan penunjuk arahnya saja belum ada.

Pantai Siwil (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Pantai Siwil (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Sebelum sampai ke Pantai Siwil, spot yang disuguhkan yaitu sebuah pantai kecil dengan banyak tanaman mangrove, warga sekitar menyebutnya pantai Teban dengan ombaknya yang tidak begitu besar, kemudian juga kita jumpai sebuah goa yang juga berada di bukit karang Pantai Teban, setelah itu yang harus melewati kebun kelapa milik warga.

Pantai Teban (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Pantai Teban (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Menurut Ismani, warga Teban, di Pantai Siwil, ombaknya besar, bagi wisatawan pun dianjurkan untuk tidak berenang di sepanjang pantai tersebut. Pantai Siwil ini walaupun letaknya tersembunyi, juga memiliki pemandangan yang keren.

Selain Pantai Siwil yang menawan dengan letaknya yang tersembunyi, objek wisata pantai lainnya di Kecamatan Ngadirojo yaitu Pantai Tawang dan juga sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pantai Tawang (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Pantai Tawang (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Di Pantai Tawang Desa Sidomulyo Anda bisa membeli ikan langsung dari nelayan. Pantai ini ombaknya bisa dibilang cukup tenang, karena pantai tersebut diapit oleh dua bukit karang yang cukup besar, sehingga ombak yang masuk ke pantai itupun terhalang oleh bukit tersebut.

Tumijo (54) salah satu nelayan di Pantai Tawang mengatakan selain untuk mencari ikan mengatakan dia juga menawarkan jasa bagi pengunjung yang datang untuk berkeliling di seputaran kawasan objek wisata pantai tersebut,

"Karena saat ini belum musim ikan, mumpung libur Lebaran pengunjung juga banyak, kami dari para nelayan juga menawarkan perahu untuk pengunjung dengan tarif Rp10.000. Sebenarnya kalau sudah musim ikan, Hari Raya seperti ini pun kami tetap mencari ikan," ujarnya

Sebenarnya masih banyak potensi wisata di Desa Sidomulyo ini yang belum dikelola dengan baik, seperti Goa Pala, Goa Padhon Ayam, dan konservasi bangau itu juga belum dikelola.

Goa Pala (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Goa Pala (Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Setelah Pantai Tawang di Desa Sidomulyo, di sebelah timur juga ada Pantai Taman yang terletak di Dusun Taman Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

Pantai Taman memiliki ombak yang juga cukup besar, tetapi fasilitas yang ditawarkan juga cukup menarik, ada kolam renang, konservasi penyu, hingga tantangan adrenalin.

Masih banyak keindahan menawan di sisi timur Pacitan, jadi tunggu apa lagi? Silahkan dieksplorasi. (Sigit Dedy Wijaya)

Bagikan

RELATED NEWS