Mengabadikan Langit di Pacitan

Oleh Editor 12 Dec 20:59
image Panorama senja di kawasan Kembang, Pacitan (sumber: HaloPacitan/iwe)

Mengabadikan keindahan langit di Pacitan sungguh menarik. Jika hari cerah, kita akan disuguhkan imaji kebesaran Ilahi, pun saat hari mendung ataupun hujan. Setiap hari pola awan di langit tak dapat diduga. Namun, ketidakterdugaan itu menjadi tantangan sendiri untuk mendapatkan gambar terbaik.

 

Waktu yang tepat untuk mengabadikan langit adalan pagi hari saat matahari mulai bersinar (sunrise), dan sore hari saat matahari mulai tenggelam (sunset). Namun bukan berarti siang hari, langit jelek untuk di foto. Pola sebaran dan tipe awan juga menjadi kunci memotret langit saat siang hari. 

 

Di Pacitan banyak sekali spot untuk memotret langit. Pantai yang membentang di sepanjang sisi selatan Kabupaten Pacitan menjadi tempat favorit. Selain itu, di sisi timur kota tepatnya di kawasan Desa Kembang dan Sirnoboyo yang memiliki areal persawahan luas juga menarik untuk dijadikan tempat memotret lansekap langit. 

Bulan terbaik untuk mendokementasikan keindahan langit di Pacitan adalah saat musim kemarau, biasanya mulai bulan Juni hingga akhir September. Jadi, jika anda kebetulan berkunjung ke Pacitan, jangan lupa abadikan keindahan langitnya, selain keindahan pantainya.

img

Galadesa, Semangat Sepakbola Rakyat

Galadesa juga disebut turnamen antar kampung atau ‘tarkam’. Biasanya, arena galadesa menjadi ajang pemuda menunjukkan bakat hebatnya dalam menggocek bola. Para pemain tampil ‘all out’ untuk memberikan kemenangan untuk kampungnya. Harga diri dipertaruhkan.