Menikmati Sensasi Kopi Campur Durian

AZ - Senin, 28 Januari 2019 09:29 WIB
Kopi hitam bercampur dengan durian membuat aroma kopi lebih nendang undefined

Halopacitan, Pacitan – Kopi hitam bukan hal yang asing, begitu juga dengan rasanya. Namun jika dicampur dengan buah durian, memang agak langka. Jika belum pernah mencoba, silahkan datang ke Padepokan Song Meri yang ada di Dusun Nitikan, Desa Sidoarjo, Pacitan yang meracik kopi unik ini. Atau Anda bisa juga meraciknya sendiri di rumah.

Menurut Yudho (40) salah seorang warga mengatakan, untuk membuat kopi hitam bercampur durian tidaklah sulit, seperti membuat kopi pada umumnya. Namun yang paling penting airnya haruslah dalam keadaan mendidih.

“Takaran gula dan kopinya gak ada yang diubah sesuai selera pilih manis atau pahit. Hanya saja airnya harus pas keadaan mendidih, supaya aroma durian dan kopinya bisa berpadu sempurna,” ucapnya kepada Halopacitan Minggu (27/01/2019).

Menurutnya semua jenis durian bisa dipakai untuk membuat campuran wedang kopi. Selain itu durian yang dicampurkan ke dalam secangkir kopi hitam tersebut, tidak akan mengubah rasa asli kopi, hanya saja aromanya lebih nikmat.

“Jika pengin rasanya lebih nikmat pakai durian yang lebih enak, kopinya juga tergantung selera, kalau pengen agak asam pakai kopi arabika, tapi kalau pengen condong ke pahit kopinya robusta. Kalau pengin lebih mantap lagi sambil makan ketela rebus, pasti mantap,” ungkapnya.

Yudho berpendapat, dianjurkan untuk tidak memakan durian terlebih dahulu, sebelum menyeruput secangkir kopi. Pasalnya jika itu dilakukan, akan membuat kopi terasa lebih pahit. “Habisin dulu wedang kopinya, baru makan durennya,” pungkasnya.

Bagikan

RELATED NEWS