Menikmati Sepotong Senja di Paradise Of Java

Tak berlebihan memang, jika Kabupaten Pacitan dijuluki Paradise Of Java. Pasalnya ada puluhan pantai yang tersebar di sepanjang 70 kilometer garis pantainya, salah satu pantainya adalah Pancer Door. 

Oleh Eko Prasetyo 11 Jan 09:19
image Aktivitas warga sekitar dan juga pengunjung Pantai Pancer Door, sembari menunggu senja, mereka menikmati indahnya pemandangan sunset di pesisir Pacitan. (sumber: Halopacitan/Eko Prasetyo)

Halopacitan,  Pacitan – Partai yang berada di timur Teleng Ria ini di siang hari memang terlihat biasa, seperti pantai pada umumnya. Namun tunggulah hingga matahari bergerak menuju peraduannya. Anda akan mendapatkan sepotong serpihan senja yang begitu mempesona.

Ketiga matahari mulai bergerak di cakrawala barat, semburat warna merah terlukis di langit dan memantul di laut yang seolah tanpa batas. Matahari laksana mata raksasa yang redup mengantuk hingga tidak menyilaukan ketika ditatap langsung. Bertemu dengan deburan ombak dan hembusan angin pantai, menjadikan senja benar-benar beda.

"Pemandangan seperti ini belum pernah saya temui,  baru pertama kali ini . Pacitan keren banget pemandanganya,"  kata Siska Leny Fatmawati  (22) salah seorang wisatawan asal Jombang yang menikmati senja di Pacer Door Kamis (10/01/2010).

Mandha (26) salah seorang warga sekitar yang juga seorang fotografer mengatakan langit Pancer Door kerap menyuguhkan pemandangan sunset yang eksotis.  “Sering sekali view sunset seperti ini muncul.  Tetapi kadang ketika sudah menunggu, tiba-tiba langit mendung hingga tidak mendapat pemandangan yang bagus,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengungkapkan,  ada saat-saat terbaik untuk menikmati suasana pantai di Pacitan. Salah satunya pada saat sore hari menjelang malam.  “Yang tidak kalah indah itu waktu pagi,  sebelum matahari terbit biasanya pukul 05.00 itu sambil olahraga di sini enak, pemandangannya kaya kabut-kabut tipis, terus ada suara kicau burung, debur ombak,  lengkap pokoknya, “ pungkasnya.

 

img

Hempasan Air Bah dari Gua Purba

Pacitan mengalami fenomena langka ketika dilanda banjr besar pada Rabu 29 November 2017. Hujan tanpa jeda akibat siklon tropis Cempaka telah membuat banyak wilayah terendam.

img

Pantai Teleng Rusak Terkoyak Bencana

Dua hari pasca banjir yang melanda berbagai daerah di Pacitan, sebuah kabar buruk datang dari pantai Teleng Ria. Lokasi tujuan utama wisata pantai di Pacitan ini rusak parah.

img

Menikmati Panorama Kota Pacitan Dari Gunung Lanang

Panorama Kota Pacitan jika dilihat dari ketinggian sangat indah. Salah satu titik point untuk menikmati panorama Kota Pacitan dari atas adalah dari puncak Gunung Lanang yang berada di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung.