Menyusuri Kehidupan di Pasar Hewan Semanten

Pasar hewan di Desa Semanten Pacitan selalu terlihat sangat hidup ketika pasaran Pon. Beragam aktivitas masyarakat tergambar di pasar ini.

Oleh Tomi Herlambang 02 Feb 14:03
image Pasar Hewan di Desa Semanten Pacitan (sumber: Halopacitan/Tomi Herlambang)

Halopacitan, Pacitan—Meski dikenal sebagai pasar hewan, tempat ini tidak melulu tempat jual-beli hewan ternak. Berbagai barang lain pun tersedia, dari kebutuhan pokok hingga sepeda. Setiap sudut pasar menawarkan pemandangan yang menarik. Mari kita telusuri kehidupan pasar ini.

Gerbang masuk Pasar, rumput tebal dan cat yang memudar.

Hewan ternak yang datang dari berbagi penjuru pacitan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sarapan dahulu....nasi, kopi dan membincangkan tentang berbagai hal

Menawar, dalam bertransaksi hewan ternak penjual dan pembeli menggunakan koin sebagai kode. "Uangnya nanti mas, setelah jadi!" Ungkap mbah waridi, salah satu pedangang.

Pos kesehatan hewan yang kurang terawat

Memilih hewan ternak terbaik.

Mbah Bejo, penjual obat dan jamu untuk hewan.

Ada pula tukang pijit yang praktik di pasar. " Seringnya malah orang-orang  terkilir karena menurunkan dan menaikkan ternak" kata Budiman, tukang pijit saat ditanya siapa saja pasiennya.

Pedagang sepeda bekas sedang mempersiapkan dagangannya.

Foto-foto: Halopacitan/Tomi Herlambang

img

Galadesa, Semangat Sepakbola Rakyat

Galadesa juga disebut turnamen antar kampung atau ‘tarkam’. Biasanya, arena galadesa menjadi ajang pemuda menunjukkan bakat hebatnya dalam menggocek bola. Para pemain tampil ‘all out’ untuk memberikan kemenangan untuk kampungnya. Harga diri dipertaruhkan.