Mudik Menggunakan Sepeda Motor? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

AZ - Kamis, 30 Mei 2019 13:57 WIB
ilustrasi undefined

Halopacitan, Pacitan—Mudik biasanya membutuhkan perjalanan jauh dan memakan waktu lama. Bukannya menakut-nakuti, tetapi berdasarkan data Kementerian Perhubungan sepeda motor mendominasi angka kecelakan mudik setiap tahunnya yakni mencapai 75 persen dari kecelakaan saat mudik.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko kecelakaan, para pengendara motor perlu mengetahui sejumlah tips mudik aman sampai kampung halaman seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Kondisi Kendaraan dan Pengendara

Tidak hanya kondisi kendaraan, kondisi pengendara juga harus prima. Beristirahatlah setiap dua jam dengan interval waktu istirahat 15 sampai 30 menit. Pemudik bisa melakukan peregangan saat beristirahat untuk melemaskan otot. Penting juga untuk tidak lupa mempersiapkan perlengkapan ber­kendara seperti surat-surat, jas hujan, helm, jaket, dan sarung tangan.

Waktu Yang Tepat

Tentukan waktu yang tepat untuk berangkat mudik. Semakin mendekati lebaran tentu akan semakin macet, kondisi ini dikhawatirkan menguras fisik pe­ngendara. Selain itu, hindari melakukan perjalanan jarak jauh saat malam hari.

Waktu terbaik untuk berangkat adalah subuh. Di waktu tersebut, kondisi tubuh sedang dalam keadaan bugar, dengan catatan sebelumnya sudah cukup tidur.

Barang Bawaan

Bawalah barang-barang secukupnya. Pemudik tidak disarankan membawa barang-barang terlalu banyak, apalagi yang memiliki bobot berat dan ukuran yang besar. Barang bawaan juga jangan sampai menutupi pelat nomor dan menghalangi lampu-lampu serta mengganggu pengoperasian kemudi.

Daripada membawa barang-barang yang membuat motor kelebihan muatan, ada baiknya terlebih dahulu mengirimkan barang bawaan ke kampung halaman lewat jasa ekspedisi.

Rencanakan Rute

Sebaiknya, rencanakan jalur perjalanan untuk meng­ukur waktu dan jarak tempuh. Rencanakan pula jalur alternatif, karena biasanya volume kendaraan di jalur utama sangat tinggi. Selain menimbulkan kemacetan, kondisi tersebut juga berisiko terjadi kecelakaan.

Saat ini pemilihan rute bisa memanfaatkan aplikasi peta online. Aplikasi seperti Google Maps dan Waze menyajikan informasi situasi terkini kondisi kemacetan. Pilihlah rute yang dirasa aman sesuai dengan kondisi kendaraan sehingga perjalanan tetap nyaman.

Tak Perlu Tergesa-Gesa

Nikmati perjalanan dan jangan me­maksakan diri. Istirahatlah jika terasa lelah atau mengantuk. Selain itu, patuhi pula rambu-rambu lalu lintas. Banyak pengendara yang terburu-buru untuk melakukan sesuatu sehingga melanggar rambu.

Selamat mudik dengan gembira, semoga selamat sampai tujuan

Bagikan

RELATED NEWS