Objek Wisata Pacitan Minim Jaringan Internet

AZ - Kamis, 21 Februari 2019 17:58 WIB
Pantai Klayar undefined

Halopacitan, Pacitan—Beberapa pengunjung yang berlibur ke objek wisata pantai di Pacitan mengaku, keterbatasan akses komunikasi cukup terasa ketika ingin menghubungi keluarga maupun rekan kerja saat itu juga.

Bima Putra, pengunjung di Pantai Klayar asal Semarang Jawa Tengah, meski baru pertama kali mengunjungi Pacitan, ia mengaku cukup terkesan. Namun, sarana pendukung untuk komunikasi dinilai masih sangat minim.

"Kalau pantainya bagus, cuma signal data internet hanya GSM tertentu saja, saya pakai Indosat IM3, XL juga tidak dapat. Jadi tidak bisa lama-lama di sini, karena kita juga kerja, ya kudu selalu online, misal sewaktu-waktu ada klien menghubungi," katanya, saat ditemui Halopacitan beberapa waktu lalu.

Seharusnya, lanjut Bima objek wisata seperti Pantai Klayar ini bisa dimaksimalkan sarana dan prasarana pendukungnya, terutama telekomunikasi maupun fasilitas internet. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu pendukung yang cukup vital demi berkembangnya suatu objek wisata yang ada.

"Selain akses jalan yang juga harus baik, telekomunikasi maupun layanan internet juga sangat mendukung berkembangnya objek wisata. Karena Pantai Klayar Pacitan ini sangat potensial dan saya yakin pantai lainnya di Pacitan juga masih minim terjangkau internet data apalagi penyedia wifi masih minim," tambah pria 38 tahun.

Supriyono, Kepala Bidang Teknologi Informasi, Dinas Kominfo Pacitan saat dikonfirmasi mengatakan, pemerintah daerah melalui Diskominfo Pacitan telah merencanakan untuk menyediakan fasilitas internet pada objek wisata di tahun 2020 mendatang.

"Memang itu kebijakan dari Bupati sudah ada, dan diserahkan ke Kominfo untuk memfasilitasi internet pada objek wisata, cuma kita masih planning [rencana] dulu. Dan rencanya nanti di tahun 2020," katanya saat ditemui Halopacitan, Kamis (21/02/2019).

Saat ini, pihaknya telah melakukan mapping [pemetaan] untuk posisi tower yang akan digunakan pada objek wisata tersebut.

Supriyono menambahkan, untuk objek wisata yang akan menjadi prioritas mendapatkan layanan internet dari pemerintah daerah dan yakni Pantai Klayar dan Goa Gong. "Karena yang baru melambung dan cukup banyak pengunjung baru kedua objek wisata itu. Jadi Klayar dan Goa Gong kita prioritaskan," imbuhnya.

Bagikan

RELATED NEWS