Pacitan Belum Mulai Rekrutmen PPPK

Pemerintah Pusat secara resmi telah mengumumkan pendaftaran pegawai honorer dengan perjanjian kerja (PPPK), namun hingga saat in, Pemerintah Kabupaten Pacitan belum bisa menyampaikan secara resmi karena masih terkendala kuota formasi.

 

Oleh Sigit Dedy Wijaya 09 Feb 14:54
image Suko Wiyono, (sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Halopacitan, Pacitan— Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, Suko Wiyono saat dikonfirmasi Halopacitan mengatakan, hingga saat ini belum bisa memberikan keterangan pasti, baik formasi kebutuhan maupun mekanisme pelaksanaannya.

"Kalau untuk formasi kebutuhan kita mengusulkan banyak, tapi penetapan formasi itu dari Kemenpan, dan tinggal penetapan formasi ini," kata Sekda tanpa menyebut jumlahnya, di sela-sela menghadiri jalan sehat dan festival jajan tradisional di Desa/Kecamatan Punung, Sabtu (09/01/2019).

Pemkab Pacitan mengakui masih banyak kekurangannya pegawai. Dia mencontohkan saat penerimaan CPNS tahun lalu, dari formasi yang diajukan sebanyak 1.000 lebih, hanya mendapat 226 formasi.

"Kita belum bisa berandai-andai berapa formasi yang di dapat untuk Pacitan. Senin besok, itu BKD dapat undangan ke pusat, terkait mekanisme penerimaan P3K," ujarnya

Disinggung soal anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah daerah terkait penerimaan PPPK, Sekda mengatakan, karena penerimaan P3K dibebankan daerah, tentunya pengeluaran APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) semakin bertambah.

"Sekarang kalau di rata-rata itu untuk Golongan II Rp1,5 juta sampai Rp1,7 juta, tinggal dikalikan dengan berapa formasinya. Ya nanti bisa diubah mekanisme APBD untuk P3K itu," tambahnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin mengumumkan mulai Jumat 8 Februari 2019 telah membukan lowongan penerimaan P3K.

Sebanyak 150.000orang pegawai honorer yang direkrut dengan diutamakan dari guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, dan tenaga fungsi teknis lainnya. Formasi PPPK diutamakan bagi pelamar yang terganjal masalah usia untuk mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

 

img

Pacitan Bangkit

Banjir besar dan tanah longsor yang menimpa ribuan saudara kita di Pacitan pada 28 November 2017 lalu adalah kesedihan kita bersama. Bagi yang lahir dan hidup di Pacitan saat ini, mungkin inilah bencana terbesar, terdahsyat dan yang terbanyak menimbulkan korban jiwa.