Pamerkan Batik Pace dan Bajingan, Pangkalan SKB Pacitan Raih Juara III Pertinas 2018 di Babel

AZ - Sabtu, 24 November 2018 09:36 WIB
Ririh Enggar Murwati (dua dari kanan) beserta kontingen Pacitan seusai pengumuman kejuaraan undefined

Halopacitan, Bangka Belitung— Untuk tahun ini ada dua wakil SKB yang mewakili Jawa Timur dalam kegiatan tersebut yaitu SKB Pacitan dan SKB Gudo Jombang.

Saka Widya Budaya Bakti Pangkalan SKB Pacitan masuk enam besar pada grandfinal, setelah melakukan presentasi pada Jumat (23/11/2018) pagi, dan saat malam harinya diumumkan meraih juara III. Sementara, untuk juara I diraih PPAUD Jawa Tengah dan untuk juara II diraih BPPAUD Kalimantan Tengah.

Ririh Enggar Murwati selaku pimpinan saka menyampaikan, pada presentasi tersebut dilengkapi dengan media yang harus disiapkan untuk mendukung pelaksanaan presentasi. Sedangkan pada lomba untuk penilaian meliputi hasil visitasi pada Bulan Oktober, portofolio, presentasi, tapak perkemahan, dan pameran.

"Pameran mengangkat batik pace dan makanan tradisional bajingan atau putri gunung [singkong yang direbus menggunakan gula kelapa]," ujarnya saat dihubungi Halopacitan seusai pengumuman hasil kejuaraan, Jumat (23/11/2018) malam.

Ririh berharap, dengan prestasi yang telah dicapai bisa meningkatkan semangat untuk terus berlatih sehingga anggota saka Widya Budaya bakti benar-benar memiliki kecakapan hidup, berkarakter, berbudaya dan berkebangsaan Indonesia. "Semoga ke depan bisa menambah semangat terus berlatih dan juga berkarya," harapnya.

Bukan hanya mengikuti lomba saja di sana, namun selama tujuh hari di Bangka Belitung, merupakan sarana tukar informasi dan saling diskusi dengan kontingen lain untuk saka widya budaya bakti ke depan supaya lebih baik. "Meski saling berkompetisi ketika lomba namun tetep bersaudara di arena perkemahan," ujar Rina Susiantri Pamong saka.

Rina menambahkan, selain bertemu dengan kontingen lain dari luar daerah, berbagai pengalaman saat di sana juga didapat. Ia menceritakan, ada pengalaman lucu pada saat pameran, kegiatan tersebut dipisah, antara pimpinan, pamong dan instruktur untuk mengikuti kegiatan pembinaan anggota dewasa, dan yang di camp harus ada satu orang yakni dewan saka saja.

Adapun kontingen dari pangkalan SKB Pacitan yang diberangkatkan sejumlah 16 orang, terdiri dari empat orang yang mengikuti lomba Pangkalan Saka Berprestasi (Pasasi) yakni Pimpinan Ririh Enggar Murwati, Pamong saka Rina Susiantri, Instruktur saka Winarto dan Dewan saka Nurulita Wahyu W. Sedangkan 12 orang lainnya mengikuti perkemahan bakti nasional.

"Pengiriman kontingen tersebut atas kerjasama Kementerian Pendidikan Dirjen kebudayaan, Dirjen PAUD dan Dikmas, SKB Pacitan, Dinas Pendidikan dan Kwarcab Pramuka Pacitan," terang Rina.

Rencananya, pada Sabtu (24/11/2018) semua peserta pada lomba saka berprestasi nasional dan Perkemahan Bakti Nasional Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) 2018 akan mengikuti karnaval di Alun-alun Kabupaten Pangkal Pinang, dan akan kembali ke Pacitan pada Minggu (25/11/2018) siang.

Bagikan

RELATED NEWS