Pangkalan Angkatan Laut akan Dibangun di Desa Kembang

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) akan dibangun di Desa Kembang Pacitan sekaligus menaikan status Pos Kamladu yang ada di wilayah tersebut.

Oleh Sigit Dedy Wijaya 09 Jan 18:58
image Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana TNI Edwin SH (tengah) saat meninjau lokasi yang akan digunakan sebagia pankalan Angkatan Laut di Desa Kembang Pacitan, Rabu (09/01/2019) (sumber: istimewa)

Halopacitan, Pacitan—Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya Laksamana TNI Edwin SH mengatakan Kabupaten Pacitan memiliki perairan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia juga berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah.

"Melihat situasi dan kondisinya, maka perlu ada peningkatan status dari Pos Kamladu menjadi Lanal," ujarnya, di sela-sela melakukan survey lokasi rencana pembangunan Lanal Rabu (09/01/2019).

Ia menjelaskan, keberadaan Lanal harus memenuhi persyaratan, baik luas area, letak lokasi yang strategis, hingga kelayakan fasilitas dari segi pembangunan dermaga. 

"Sesuai standar operasional Lanal, maka posisi daerah yang strategis, lahan yang pas, dan pengadaan fasilitas pendukung mempunyai peranan penting sebagai prasyarat dibangunnya Lanal, serta personel juga akan bertambah menjadi 60 orang," jelasnya.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, pemerintah daerah sangat menyambut baik dengan rencana pembangunan Lanal tersebut. Bahkan, Pemkab juga akan memfasilitasi dalam mendorong percepatan dalam pembangunannya.

"Kita berharap rencana pembangunan Lanal yang berada di Desa Kembang bisa cepat terealisasi, agar di Pacitan status Pos Kamladu naik menjadi Lanal. Semoga keberadaan Lanal ini, nantinya akan berdampak baik bagi keamanan laut di Pacitan," ujar Bupati.

img

Pacitan Bangkit

Banjir besar dan tanah longsor yang menimpa ribuan saudara kita di Pacitan pada 28 November 2017 lalu adalah kesedihan kita bersama. Bagi yang lahir dan hidup di Pacitan saat ini, mungkin inilah bencana terbesar, terdahsyat dan yang terbanyak menimbulkan korban jiwa.