Penyakit Gondongan, Kenali Gejala dan Pengobatannya

Parotitis atau gondongan merupakan salah satu penyakit yang gampang menular. Disebabkan oleh virus penyakit ini menyebabkan pembengkakan di sekitar leher hingga pipi disertai rasa nyeri terutama saat mengunyah ataupun menelan makanan.

Oleh Sigit Dedy Wijaya 11 Jan 08:54
image ilustrasi (sumber: istimewa)

Halopacitan, Arjosari—Parotitis terjadi karena pembengkakkan kelenjar air liur akibat infeksi virus. Kelenjar air liur atau parotid berada di sisi kanan dan kiri wajah, di belakang, dan di bawah telinga Anda.

Fungsi utama dari kelenjar liur adalah memproduksi air liur yang berguna untuk melindungi gigi sekaligus membantu membasahi dan melembutkan makanan agar lebih mudah melewati tenggorokan dan dicerna oleh usus.

Saat virus paramyxovirus menginfeksi, kelenjar air liur bisa membengkak dan akan menyebabkan rasa sakit. Pembengkakan kelenjar tersebut bisa membuat pipi, rahang, atau keduanya juga terlihat membengkak. Tapi pembengkakan pada dua rahang tidak selalu terjadi secara bersama.

Penyakit ini, menurut dr Indah Dani Arlia, salah satu dokter di UPT Puskesmas Arjosari mudah menyebar melalui udara.  Terlebih, jika bersentuhan langsung atau menggunakan barang seseorang yang terkena penyakit tersebut.

"Kalau gejalanya, nyeri pada sisi pipi, nyeri saat mengunyah atau menelan, panas, demam, sakit kepala, juga pembengkakan rahang. Jadi, jika ingin makan, harus makanan yang dilembutkan, seperti bubur dan jangan makan yang keras-keras dulu, untuk mengurangi nyeri saat menelan," terang dr Indah, Kamis (10/01/2019) malam.

Indah menjelaskan, jika seseorang yang terkena gondongan memiliki daya tahan tubuh bagus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh tidak baik maka perlunya penanganan atau untuk berkonsultasi ke dokter maupun ke Puskesmas terdekat.

Sementara, lama atau waktu bagi penderita yang terkena penyakit gondongan hingga kesembuhannya, sekitar 7-10 hari lebih. Penanganannya, penderita disarankan untuk beristirahat total dan untuk pengobatan, misal penderita terdapat panas diberi obat anti panas seperti paracetamol, kemudian jika terdapat infeksi lain maka perlunya diberi antibiotik.

"Karena disebabkan virus dan penyakit ini menular, makanya daya tahan tubuh harus diperbaiki, seperti makan makanan yang sehat, banyak minum air putih, buah sayur yang banyak, kemudian kebersihan diri harus dijaga dan harus istirahat total," ujarnya.

dr Indah, yang juga membuka praktik di depan Kantor Desa Jatimalang menambahkan, bahwa dalam beberapa hari terakhir memang banyak pasien yang mengeluhkan penyakit gondongan. "Tapi, pasien gondongan banyak yang berobat di Puskesmas, kalau di sini [tempat praktik] paling 2-3 saja," imbuhnya.

img

Bencana 28 November Menyatukan Warga di Perantauan

Tidak ada yang menginginkan bencana, tetapi juga tidak ada yang mampu menolaknya. Ketika keputusan Tuhan datang, yang bisa dilakukan hanyalah menerima dan menjalaninya. Tetapi selalu ada hikmah dari setiap bencana yang datang.