Penyumbang PAD Pariwisata Belum Merata, Klayar dan Goa Gong Mendominasi

Dari 12 destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, Pantai Klayar dan Goa Gong mendominasi dalam menyumbang pendapatan asli daerah.

Oleh Eko Prasetyo 09 Jan 17:41
image Pantai Klayar menjadi penyumbang tertinggi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pacitan dari sektor pariwisata. (sumber: Halopacitan/Eko Prasetyo)

Halopacitan, Pacitan – Budi Hartoko Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata mengungkapkan Meski Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pacitan di Tahun 2018 mengatakan dari sekitar Rp8,5 miliar PAD pendapatan sektor wisata, Pantai Klayar dan Goa Gong menyumbang sekitar 60%.  Pantai Klayar menyumbang pendapatan tertinggi yakni Rp3,25 miliar.

Kurangnya sosialisasi dan promosi diduga menjadi penyebab rendahnya kontribusi tempat wisata yang lain.  “Bayangkan saja dari 12 destinasi wisata hanya dua yang mendapat pemasukan terbesar. Padahal dari segi akses ke beberapa destinasi lainya sudah bagus,” ucapnya kepada Halopacitan Rabu (09/01/2019).

Minimnya kesadaran masyarakat, untuk ikut berpartisipasi terhadap promosi destinasi wisata di duga menjadi salah satu penyebabnya. Salah satunya jarangnya warga memberikan tagar, saat menggunggah foto atau video ke media sosial.

“Kami rasa hal itu juga berefek pada lambanya destinasi wisata lain, untuk dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini hanya itu-itu saja yang dikenal oleh masyarakat luar, padahal destinasi wisata di Pacitan ini sangat banyak,” tambahnya

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Endang Surjasri, berharap kepada masyarakat, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Pacitan. “ Bagaimanapun Pemerintah tidak bisa bergerak sendirian. Kami berharap warga masyarakat ikut andil dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Pacitan,” katanya.

img

Hempasan Air Bah dari Gua Purba

Pacitan mengalami fenomena langka ketika dilanda banjr besar pada Rabu 29 November 2017. Hujan tanpa jeda akibat siklon tropis Cempaka telah membuat banyak wilayah terendam.

img

Pantai Teleng Rusak Terkoyak Bencana

Dua hari pasca banjir yang melanda berbagai daerah di Pacitan, sebuah kabar buruk datang dari pantai Teleng Ria. Lokasi tujuan utama wisata pantai di Pacitan ini rusak parah.

img

Menikmati Panorama Kota Pacitan Dari Gunung Lanang

Panorama Kota Pacitan jika dilihat dari ketinggian sangat indah. Salah satu titik point untuk menikmati panorama Kota Pacitan dari atas adalah dari puncak Gunung Lanang yang berada di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung.