Puskeswan Pacitan Butuh Alat USG Kebuntingan

AZ - Kamis, 31 Januari 2019 13:17 WIB
Drh. Alek Arisona (kiri) dan staf Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Puskeswan Pacitan undefined

Halopacitan, Pacitan—Puskeswan yang ada di Jalan Raya Pacitan-Ponorogo kilometer 5,5 atau di Desa Semanten Kecamatan Pacitan tersebut memililki lima dokter dan 20 personel paramedis .

"Antusias masyarakat juga cukup tinggi, rata-rata petugas bisa melayani 3-10 laporan aktif dari peternak setiap harinya, selain itu setiap hari juga melakukan pembinaan di kelompok-kelompok ternak," kata Drh. Alek Arisona, Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Puskeswan Pacitan Kamis (31/01/2019).

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam memeriksakan kesehatan hewan ternak khususnya, terbagi menjadi dua yakni aktif dan pasif. Petani ternak bisa dikatakan aktif ketika menemukan hewan yang sakit dan langsung menghubungi petugas kesehatan hewan terdekat atau bisa menghubungi nomor 081392578669 atau langsung datang ke Puskeswan.

Alek mengaku masih ada kendala yang harus dihadapi saat ini terutama letak geografis Pacitan yang berbukit. Selain itu belum ketersediaannya alat USG atau pemeriksaan kebuntingan hewan, sehingga selama ini yang digunakan adalah pemeriksaan kebuntingan (PKB).

"Kita berharap ada penambahan alat, yang paling penting itu USG atau alat periksa kebuntingan, dan itu belum ada. Tapi ya tidak masalah masih bisa mengatasinya, kita masih punya keahlian lain untuk periksa kebuntingan pakai ilmu PKB, jadi tangan kita masuk ke dalam untuk mengecek, sebenarnya itu lebih akurat, tapi tidak semua orang bisa melakukannya, hanya petugas yang punya sertifikat tertentu saja, tapi kalau ada alat itu lebih praktis," ungkapnya saat ditemui Halopacitan.

Ia menambahkan, terkait biaya untuk pemeriksaan kesehatan hewan ternak gratis, khususnya bagi kelompok ternak bisa menghubungi Puskeswan jika menginginkan pemeriksaan kesehatan hewan terpadu. "Dan kita bisa melakukan pemeriksaan dengan cara koordinasi dulu kapan harinya," imbuhnya.

Untuk mengetahui ciri- hewan ternak maupun hewan peliharaan yang sakit bisa dilihat dari nafsu makannya yang turun, lesu dan juga gelisah.

"Jika menemukan ciri-ciri itu bisa lapor atau menghubungi ke petugas hewan terdekat agar segera ditangani. Dan rata-rata semua sama ciri-cirinya, baik hewan ternak seperti kambing, sapi maupun hewan peliharaan seperti kucing dan juga anjing," terang Alek.

Bagikan

RELATED NEWS