Sentono Gentong, Magnet Baru Wisata Pacitan

Terletak di Dusun Krajan, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan Jawa Timur Sentono Gentong menawarkan sebuah pemandangan eksotis.

Oleh Editor 02 May 20:40
image Pemandangan dari Sentono Gentong (sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Halopacitan, Pringkuku— Sentono Gentong, merupakan sebuah kawasan di puncak bukit karang. Dari tempat ini orang bisa melihat indahnya Teluk Pacitan. Destinasi wisata ini sedang bebenah untuk disiapkan menjadi andalan baru wisata Pacitan.

Ismono, Kepala Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku mengatakan awalnya Sentono Gentong dikenal sebagai tempat ritual yang penuh dengan semak belukar. Bahkan jarang orang yang masuk ke wilayah ini.

“Setelah saya masuk, kemudian saya lihat ada potensi wisatanya, sekitar pada  November 2017 saat mulai membersihkan tempat ini dengan dana sendiri."

Namun mulai 2018 ada dana yang dianggarkan dari dana desa untuk membangun tempat ini hingga pengembangan semakin cepat.

Nama Sentono Gentong diambil karena di wilayah tersebut terdapat batu yang berlubang dan pada masa lalu ada gentongnya. Tetapi kini gentong itu dibawa ke Kraton Ngayogykarta Hadiningirat karena memang milik dari kasultanan tersebut. Pada masa lalu, wilayah ini memang menjadi bagian dari wilayah Kasultanan Yogyakarta.

Sampai saat ini sebenarnya belum tempat ini belum dibuka secara resmi, tetapi tingkat kunjungan sudah cukup ramai. Hingga akhirnya pengelola menerapkan tarif sementara. Jodi petugas tiket masuk mengatakan,"untuk tiket masuknya sementara ini Rp 10.000, karena memang tempatnya belum jadi, dan baru dua hari ini dikasih tarif masuk, cukup lumayan tingkat kunjungannya kemarin saja 100 lebih tiket terjual,"ujarnya

Bahkan Ismono pernah berencana menerapkan tarif sementara hingga Rp50.000 dengan tujuan membatasi tingkat kunjungan karena pekerjaan belum selesai dan keberadaan pengunjung justru mengganggu proses pembangunan. "Nanti kalau sudah dibuka resmi tempat ini tarifnya hanya akan Rp5.000," katanya.

(Sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Sentono Gentong akan dikonsep sebagai tempat wisata dirgantara, wisata ritual, dan wisata alam dan mengambil nuansa Guangzhou China.

 ”Nanti para pengunjung itu seolah-olah berada di Guangzhou China. bentuk rumah-rumahnya nanti mandarin semua serta aksesoris lainnya menyesuaikani,” "pungkasnya.

(Sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Bupati Pacitan Indartato saat meninjau objek wisata Sentono Gentong Selasa (02/05/2018) berharap wilayah ini akan menjadi daya tarik besar bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pacitan.

(Sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

“Ya mudah-mudahan menjadi potensi wisata ke depan dan membawa Pacitan lebih ramai lagi. Peran kepala desa sangat kreatif beserta masyarakatnya bisa memanfaatkan potensi yang ada, sehingga ke depan diharapkan masyarakat sekitar kehidupannya lebih baik," ujarnya (Sigit Dedy Wijaya)

img

Hempasan Air Bah dari Gua Purba

Pacitan mengalami fenomena langka ketika dilanda banjr besar pada Rabu 29 November 2017. Hujan tanpa jeda akibat siklon tropis Cempaka telah membuat banyak wilayah terendam.

img

Pantai Teleng Rusak Terkoyak Bencana

Dua hari pasca banjir yang melanda berbagai daerah di Pacitan, sebuah kabar buruk datang dari pantai Teleng Ria. Lokasi tujuan utama wisata pantai di Pacitan ini rusak parah.

img

Menikmati Panorama Kota Pacitan Dari Gunung Lanang

Panorama Kota Pacitan jika dilihat dari ketinggian sangat indah. Salah satu titik point untuk menikmati panorama Kota Pacitan dari atas adalah dari puncak Gunung Lanang yang berada di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung.