Terdampak Pembangunan Waduk Tukul, Dua Sekolah Direlokasi

AZ - Selasa, 19 Februari 2019 17:19 WIB
Daryono, Kepala Dinas Pendidikan Pacitan undefined

Halopacitan, Pacitan—Dua sekolah yang harus dipindahkant ersebut adalah SMPN 4 Arjosari dan SDN 2 Karanggede. Kepala Dinas Pendidikan Pacitan Drs. Daryono, MM, mengatakan pembangunan sekolah ini akan mulai dilakukan pada 2019. Namun lokasinya masih menunggu pengadaan tanah oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim).

"Pengadaan tanah oleh Dinas Perkim juga tahun 2019 ini. Untuk rencana gedung kami sudah punya, tahap pertama ini Rp1,7 miliar untuk gedung sekolah. Itu kan nanti sekolahnya jadi satu SD dan SMP-nya," ujarnya, seusai mengikuti upacara Hari Jadi ke-274 Pacitan di Pendapa Kabupaten, Selasa (19/02/2019).

Lebih lanjut, Daryono mengatakan, anggaran tersebut memang belum mencukupi,namn yang terpenting siswa-siswi di kedua sekolah yang terdampak waduk Tukul tersebut bisa tertampung. "Kalau untuk fasilitas lainnya, seperti pagar dan sebagainya itu nanti di tahun 2020," katanya.

Disinggung soal gedung sekolah-sekolah lainnya yang mengalami kerusakan. Ia mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, secara umum tidak terdapat rusak berat, namun hanya ada kerusakan dalam kategori ringan.

Pihaknya juga selalu melakukan monitor pada gedung-gedung yang mengalami kerusakan, melalui sistem di bawah kendalinya, baik melalui pengawas, kemudian beberapa tenaga yang masih ditempatkan di Unit Pelayanan Teknis (UPT). Hal itu dilakukannya untuk mengontrol misalkan terdapat gedung yang mengalami kerusakan dan sebagainya.

"Untuk rusak berat dicatatan kami belum ada, kemudian kerusakan akibat bencana alam, kita selesaikan tahun 2019 ini dengan anggaran dana bencana alam dari BPBD. Jadi khusus untuk Dinas Pendidikan hanya untuk rusak berat dan ringan," terangnya.

Bagikan

RELATED NEWS