UNBK di Pacitan Boleh Gunakan Smartphone

AZ - Kamis, 07 Februari 2019 12:37 WIB
ilustrasi undefined

Halopacitan, Pacitan— Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Pacitan, Yusuf, mengatakan, penggunaan smartphone dalam pelaksanaan USBN hanya diperuntukkan pada Ujian Sekolah, bukan Ujian Nasional.

"Karena mata pelajaran lebih banyak, hanya dua sesi dan komputer yang disediakan kemungkinan kurang, jadi untuk Jawa TImur bisa menggunakan smartphone. Kalau untuk ujian nasionalnya, tidak menggunakan smartphone tapi komputer," ujarnya saat ditemui Halopacitan, Kamis (07/02/2019).

Saat ini pihaknya baru akan mensosialisasikan tentang pelaksanaan USBN kepada seluruh SMA/SMK dan MA negeri maupun swasta yang di Pacitan. Pihaknya juga masih mendata sekolah-sekolah yang mengalami keterbatasan perangkat komputer.

"Rencananya tanggal 13 Februari nanti kita sosialisasikan di SMKN 2 Pacitan, dan masih mendata sekolah mana yang kurang perangkat komputer sehingga bisa menggunakan smartphone," katanya.

Yusuf menjelaskan, penyelenggaraan UNBK akan menggunakan satelit dari Telkom untuk menjangkau jaringan sinyal wifi pada waktu pelaksanaan ujian tersebut. "Kalau smartphone-nya tidak ditentukan, yang penting android dan minimal layarnya empat inci," jelasnya.

Pihaknya menegaskan smartphone sifatnya hanya alternatif untuk mengurai keterbatasan perangkat komputer. Yusuf belum bisa menjelaskan secara rinci terkait teknis penggunaan smartphone sebagai prasarana ujian.

"Kalau gambaran umum, peserta ujian mengunduh aplikasi melalui smarthphonenya, dan hanya bisa di buka selama ujian saja oleh server provinsi, seperti ujian nasional semua dari server pusat," jelasnya.

Bagikan

RELATED NEWS