Wisatawan Sungai Maron Keluhkan Harga Sewa Perahu

Sebagian besar wisatawan Sungai Maron mengeluhkan mahalnya harga sewa perahu yang mencapai Rp 100.000 serta tambahan retribusi masuk Pantai Ngiroboyo yang menjadi muara sungai tersebut.

Oleh Eko Prasetyo 22 Nov 17:18
image Wisata Sungai Maron berada di Desa Dersono, Pringkuku, Pacitan (sumber: Halopacitan/Eko Prasetyo)

Halopacitan, Pringkuku – Sungai Maron merupakan salah satu destinasi wisata di Pacitan. Kondisi airnya yang jernih ditambah asrinya suasana sekitar membuatnya tempat ini diminati wisatawan utamanya dari luar Pacitan.

Untuk bisa menikmati keindahan sungai yang terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan tersebut pengunjung harus naik perahu dengan sewa Rp100.000  sekali jalan.

“Pemandanganya indah banget! Tetapi sayangnya sewa perahunya Rp100.000  sekali jalan, mahal banget,” ungkapnya pada Halopacitan Kamis (22/11/2018).

Pengunjung asal Wonogiri itu juga mengeluhkan biaya tambahan retribusi masuk Pantai Ngiroboyo yang berada di ujung sungai. Hal itu membuat dirinya dan kedua temanya sedikit kecewa dengan pengelola wisata tersebut. “Agak kecewa sih sebenarnya, soalnya di ujung sungai ini kita ditarik tiket lagi Rp5.000 per orang untuk masuk pantai,” jelasnya.

Seorang petugas retribusi Sungai Maron Arya Bima (26) menyampaikan nominal itu  merupakan hasil kesepakatan dari pengelola dan pihak penyedia jasa sewa perahu yang nantinya masih akan dibagi hasil lagi. “Terkait sewa perahu, harganya ya segitu soalnya udah kesepakatan pengelola dan peyedia jasa. Ya nanti itu masih dibagi hasil lagi,” katanya.

Selain hal itu nantinya wisatawan akan diberikan pelayanan sepadan termasuk alat keselamatan dan juga nahkoda siap diberhentikan sewaktu-waktu oleh wisatawan yang ingin berswafoto.

“Pelayanan yang bagus, termasuk jaket pelampung, dan juga sewaktu pengunjung ingin foto sopir perahunya bisa berhenti kok,” jelasnya.

Arya juga menambahkan, untuk penarikan retribusi saat memasuki Pantai Ngiroboyo, itu termasuk dalam Peraturan Daerah nantinya akan digunakan sebagai pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

“Kalau penarikan retribusi masuk Pantai Ngiroboyo itu untuk pemasukan daerah, karena Kali Maron itu sungai dan Ngiroboyo itu pantai jadi enggak sama,” ujarnya.

img

Hempasan Air Bah dari Gua Purba

Pacitan mengalami fenomena langka ketika dilanda banjr besar pada Rabu 29 November 2017. Hujan tanpa jeda akibat siklon tropis Cempaka telah membuat banyak wilayah terendam.

img

Pantai Teleng Rusak Terkoyak Bencana

Dua hari pasca banjir yang melanda berbagai daerah di Pacitan, sebuah kabar buruk datang dari pantai Teleng Ria. Lokasi tujuan utama wisata pantai di Pacitan ini rusak parah.

img

Menikmati Panorama Kota Pacitan Dari Gunung Lanang

Panorama Kota Pacitan jika dilihat dari ketinggian sangat indah. Salah satu titik point untuk menikmati panorama Kota Pacitan dari atas adalah dari puncak Gunung Lanang yang berada di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung.