Beiji Park Siap Dibuka, Tiga Tahapan yang Harus Dilalui

Selasa, 07 Juli 2020 06:29 WIB

Penulis:SP

Prasimulasi Pembukaan Beiji Park Pacitan
Prasimulasi Pembukaan Beiji Park Pacitan undefined

Disparpora Pacitan, untuk pertama kalinya terbitkan sertifikat new normal objek wisata. Beiji Park, merupakan wisata tematik yang terletak di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Pacitan, yang dinyatakan sebagai destinasi wisata yang memenuhi protokol kesehatan COVID-19 dan memasuki tahap prasimulasi.

 

“Baru syarat ya, bukan benar-benar buka. Bukanya masih nanti setelah dapat izin dari Dinas Kesehatan,” kata Andi, dilansir dari laman pacitankab,  usai penyerahan (06/07) di Beiji Park, Desa Dadapan, Pringkuku.

 

Kesiapan SDM pengelola serta semua yang bersinggungan benar-benar paham akan protokol kesehatan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Perlu diketahui terdapat tiga tahapan yang harus dilalui pelaku wisata sebelum benar-benar kembali dibuka untuk umum, dimulai dari prasimulasi, simulasi dan terakhir verifikasi.

 

Lebih lanjut Adi mengatakan, “Simulasi berjalan satu minggu hingga satu bulan, jika tidak ada kasus-kasus maka kita akan masuk ke tahapan uji coba (verifikasi), untuk sementara Beiji dibuka untuk masyarakat Pacitan saja”.

 

Pembukaan tempat wisata di era new normal memang melalui berbagai tahapan. Terkait pro dan kontra masyarakat, Disparpora menegaskan bahwa kepercayaan (trust) benar-benar harus tertanam dalam benak masyarakat.

 

“Tentunya kami berjalan ini mengikuti aturan pemerintah, bahwa ketika kita masih di zona kuning atau hijau maka diperbolehkan membuka destinasi wisata. Beberapa lokasi telah siap menyusul, diantaranya adalah Sentono genthong, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale serta disusul Pantai Teleng Ria.

 

Namun demikian Bupati sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pacitan Indartato yang hadir pada penyerahan itu mengharap, langkah strategis ini menjadi jawaban masyarakat yang selama ini bergantung pada objek pariwisata. Kendati demikian masyarakat harus turut andil terhadap protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditentukan.

 

“Saya mohon kerjasama oleh masyarakat, karena kuncinya disitu,” harap Dia disamping ia benar-benar menekan bawahannya supaya Pacitan menjadi zona hijau, pungkas Indartato.