Menyusuri Keindahan Kali Cokel

Sabtu, 12 Januari 2019 08:18 WIB

Penulis:AZ

Wisata Kali Cokel
Wisata Kali Cokel undefined

Halopacitan, Pringkuku—Kali Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai selebar 25-30 meter dan panjang sekitar satu kilometer lebih tersebut masih satu kompleks dengan kawasan wisata Pantai Kasap.

Dari pusat kota, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 25 kilometer ke arah barat melalui jalur bus Pacitan-Solo. Setelah sampai di pertigaan Desa Dadapan belok ke arah desa Watukarung.

Sungai Cokel satu kawasan dengan Pantai Kasap, bahkan tempat parkir kendaraannya juga sama. Hanya saja, akses menuju ke Pantai Kasap maupun Sungai Cokel dari loket masuk masih terlihat kecil, dan hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat saja.

Untuk retribusi masuk masih satu paket dengan Pantai Watukarung dan juga Pantai Kasap yakni Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk dewasa.

Namun bagi wisatawan yang hendak menyusuri Kali Cokel harus membayar lagi biaya Rp20.000 untuk sampan. Saat ini, sudah sekitar 36 perahu lebih yang terdaftar di kelompok 'Tirta Mukti' yang mengelola wisata tersebut.

"Perahunya bisa diisi enam orang, sebenarnya bisa diisi lebih tapi demi keselamatan, kenyamanan penumpang sehingga dibatasi," ujar Suryono, salah satu pengelola objek wisata, Jumat (11/01/2018).

Wisatawan pun ketika menyusuri sungai bukan hanya diantarkan saja oleh pemilik perahu, juga akan ditunggu baik saat akan berswafoto maupun saat hendak mandi di sungai, dengan catatan harus bisa berenang.

Menurut Yono, sapaan akrabnya, Kali Cokel ini akan dipadati pengunjung ketika akhir pekan dan hari libur nasional. "Kalau Sabtu-Minggu pasti ramai, hari-hari biasa sepi tetapi juga ada saja pengunjungnya," imbuhnya.

Desinta, salah satu pengunjung asal Wonogiri yang hendak menyusuri Sungai Cokel mengatakan objek wisatanya masih terlihat alami. Ia juga menyarankan jika dikembangkan lagi terutama fasilitasnya tentu akan lebih baik lagi.

"Hanya akses saja dari loket masuk ke sini yang sempit, dan tempat parkir kurang lebar. Kalau objek wisatanya keren, top pokoknya," ungkapnya.

Bagi Anda yang tertarik dan hendak berkunjung ke Kali Cokel ini, perlu diingat patuhi peraturan yang ada tentunya demi menjaga keselamatan bersama, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, agar alam senantiasa memberikan keindahannya.