13 Barang yang Harus Dibawa Saat Turun ke Jalan untuk Unjuk Rasa

Redaksi Daerah - Jumat, 23 Agustus 2024 18:18 WIB
13 Barang Wajib Dibawa Saat Lakukan Demonstrasi atau Unjuk Rasa (TrenAsia/ Ananda)

JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui dan ramai diperbincangkan di media sosial, baru-baru ini mulai Kamis, 22 Agustus 2024 lalu muncul gelombang aksi demonstrasi di sejumlah lokasi, tidak hanya di Jakarta. Hal itu terjadi sebagai wujud protes terhadap upaya DPR yang mengesahkan RUU Pilkada secara kilat.

Menjalani aksi turun ke jalan tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain berdesak-desakan dengan banyak orang, Anda juga harus menghadapi beberapa hal termasuk jika ada semprotan gas air mata yang mengancam keselamatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, agar Anda tetap aman saat aksi demonstrasi, Anda bisa membawa beberapa barang seperti berikut ini.

Barang-barang yang Harus Dibawa Saat Demo

1. Tas atau Ransel

Saat Anda melakukan aksi, Anda perlu membawa tas untuk mengangkut berbagai barang penting Anda. Meski begitu, pastikan tas yang Anda bawa berukuran kecil, ramping, dan praktis.

Anda bisa menggunakan tas ransel untuk membawa sebagian besar perbekalan termasuk makanan, minuman, dan obat. Selain itu, Anda juga penting untuk membawa fanny pack atau tas pinggang untuk menyimpan barang penting termasuk dompet, ponsel, powerbank, uang, dan sebagainya.

Gunakan tas apapun yang penting tas Anda mampu menampung semua perlengkapan yang Anda perlukan dan agar tangan Anda tetap bebas dari membawa berbagai barang.

2. Air

Kemungkinan besar aksi unjuk rasa mencakup pawai atau berorasi di jalanan. Hal itu membuat Anda mau tidak mau harus siap sedia membawa air minum yang cukup.

Anda bisa membawa botol berukuran besar yang bisa muat diletakkan di tas Anda. Selain itu, air ini juga dapat digunakan untuk membersihkan luka dan menyiram mata siapapun yang terkena gas kimia atau semprotan merica.

3. Masker atau Bandana

Penutup wajah selain mampu menyaring udara juga dapat melindungi identitas Anda dari kamera dan pengawasan polisi. Selain itu, Anda juga perlu membawa masker tambahan jika Anda memilikinya.

4. Topi dan Kacamata Hitam

Alat-alat ini selain melindungi Anda dari sinar matahari selama seharian di jalanan, topi dan kacamata hitam juga akan mengaburkan wajah Anda dari pengawasan sekaligus melindungi privasi Anda. Jika Anda mengenakan topi dan ingin lebih melindungi identitas Anda, jaga agar pinggiran topi tetap rendah.

5. Camilan

Anda mungkin akan menjalani hari yang panjang saat mengikuti acara demonstrasi. Oleh karena itu, penting untuk membawa bekal camilan ringan yang bergizi dan kaya akan protein. Anda juga bisa membawa makanan tradisional seperti arem-arem, lemper, kacang, dan sebagainya karena praktis untuk dibawa sekaligus mengenyangkan.

6. Poster Protes

Jika Anda ingin membawa protes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan kalimat di poster tercetak menggunakan huruf besar dan tebal sehingga mudah dibaca dari jauh. Ucapan singkat dan padat juga lebih baik daripada hanya sekumpulan kalimat panjang.

7. Pakaian Ganti

Jika Anda melakukan protes pada hari yang sangat panas, Anda mungkin memerlukan pakaian tambahan. pakaian ini juga akan berguna jika Anda terkena zat yang dapat melukai kulit, atau saat Anda terkena cat, air jalanan yang kotor, atau keringat orang lain.

8. Sepatu Jalan yang Bagus

Sepatu untuk jalan sangat penting untuk Anda kenakan. Pakailah sepatu tertutup dan cocok untuk berjalan jauh.

9. Tanda Pengenal

Penting untuk selalu membawa tanda pengenal ketika melakukan aksi unjuk rasa. Hal ini agar Anda bisa cepat ditemukan jika suatu saat Anda hilang atau ditahan.

10. Ponsel

Sebenarnya, untuk melindungi privasi Anda, hal terbaik yang dapat dilakukan adala meninggalkan ponsel di rumah. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan ponsel cadangan.

Anda juga harus menonaktifkan cara buka ponsel secara biometrik seperti fitur Face ID atau sidik jari, dan sebagai gantinya gunakanlah kode sandi enam digit agar lebih aman.

Jika Anda memang perlu membawa ponsel utama, matikan ponsel sampai Anda benar-benar perlu menggunakannya. Hal ini akan mempersulit penegak hukum untuk melacak pergerakan Anda.

11. Uang Tunai

Sama seperti ponsel yang dapat meninggalkan jejak digital yang menunjukkan keberadaan Anda, penggunaan kartu debit atau kredit akan memudahkan pihak berwenang melacak pergerakan Anda.

Oleh karena itu sebaiknya bawalah uang tunai, secara terpisah. Sebagian uang tunai masukkan di tas, ada yang di tubuh, di sepatu, saku celana, dan tempat lainnya yang menurut Anda aman.

12. Power Bank

Power bank sangat dibutuhkan apalagi jika Anda seharian di luar ruangan. Hal ini akan memudahkan Anda mengisi daya ponsel apalagi ketika ada hal penting.

Hal Lainnya

Ada beberapa benda lain yang mungkin perlu Anda bawa seperti senter, obat, kacamata, pasta gigi, cairan antiseptik, perban, dan penyumbat telinga.

Selain itu, pastikan Anda memiliki salinan nomor telepon darurat dan kartu yang berisi informasi medis Anda untuk diberitahu ke orang lain ketika Anda tidak bisa mengatakannya. Hal ini bisa berlaku untuk Anda yang misalnya mengalami asma atau mengalami gangguan pendengaran.

Itu tadi beberapa barang yang harus dibawa agar Anda tetap aman saat melakukan aksi unjuk rasa.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 23 Agt 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS