7 Ide Bisnis untuk Gen Z dan Milenial Tanpa Butuh Modal Banyak

Redaksi Daerah - Rabu, 06 Desember 2023 16:48 WIB
7 Rekomendasi Ide Wirausaha untuk Gen Z dan Milenial Tanpa Banyak Modal (Pexels.com/Cottonbro)

JAKARTA - Generasi Z maupun milenial memang terkenal dengan ide kreatifnya dalam menciptakan hal-hal baru. Bahkan, ada berbagai ide wirausaha yang unik dan out of the box banyak ditemukan oleh anak-anak muda.

Akan tetapi, generasi Z dan milenial tak jarang terkendala modal untuk mengeksekusi ide-ide bisnis kreatifnya tersebut. Namun tak perlu khawatir, ada banyak usaha yang bisa kamu jalankan dengan modal yang minim. Berikut ulasannya.

Rekomendasi Ide Bisnis untuk Gen Z dan Milenial Tanpa Banyak Modal

1. Jual Barang Preloved atau Seken

Punya banyak barang yang tak terpakai tapi masih berkondisi bagus? Jual saja kembali dengan harga terjangkau. Tak hanya barang milik sendiri, kamu bisa menjualkan barang milik orang lain sehingga jualanmu lebih bervariasi. Kamu bisa menetapkan komisi dari tiap barang yang terjual.

2. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Tak semua orang punya waktu untuk belanja dan menyiapkan masakan di rumah. Kesibukan kerja hingga mengurus anak membuat orang ingin bersantap dengan lebih praktis.

Nah, fenomena ini bisa kamu tangkap untuk menyediakan sayuran dan bahan makanan siap masak. Jika hobi masak, kamu bisa menciptakan menumu sendiri yang akan menjadi ciri khas.

3. Fotografer

Hobi fotografi dapat menghasilkan ide wirausaha dengan menjadi fotografer. Tak perlu kamera canggih, kamu dapat mengawali dari kamera yang sudah ada untuk menjadi fotografer panggilan.

Kamu dapat membuka jasa untuk event, pernikahan hingga wisuda. Selain itu, fotografer kini dapat menjual karyanya pada situs microstock. Jadi orang yang ingin memiliki fotomu harus membeli di situs tersebut.

Tawarkan jasamu di media sosial serta lewat relasi. Jangan lupa, siapkan portofolio agar klien semakin yakin dengan kemampuanmu memotret.

4. Wedding Organizer

Menjadi wedding organizer bisa menjadi pilihan bagi kami yang doyan mengonsep acara. Jasa ini bisa dibilang menggiurkan karena dapat mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah per proyek.

Sebelum membuka wedding organizer sendiri, ada baiknya kamu bergabung dengan usaha sejenis milik orang lain terlebih dulu. Hal itu penting untuk menambah ilmu dan pengalaman seputar persiapan event pernikahan.

5. Admin Media Sosial

Mau bekerja sambil rebahan hanya dengan modal kuota internet? Coba cari peluang untuk menjadi admin media sosial. Keuntungan pekerjaan ini fleksibel karena dapat dikerjakan dari mana saja.

6. Fashion Stylist

Fashion stylist atau pengarah gaya bekerja menentukan konsep berpakaian untuk klien agar tampil memesona. Cuannya lumayan jika kamu punya klien tetap dari kalangan selebritis atau sosialita.

Kemampuan ini dapat semakin menjadi peluang bisnis jika kamu dapat berkolaborasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang fashion.

7. Persewaan Perlengkapan dan Mainan Bayi

Perlu biaya yang tidak sedikit untuk menyiapkan keperluan bayi seperti makanan, pakaian hingga kesehatan. Belum lagi fasilitas untuk menambah kebahagiaan si buah hati seperti mainan, kereta bayi serta tempat tidurnya.

Padahal, deretan fasilitas itu tak akan dipakai kembali setelah anak besar atau ketika anak bosan dengan mainannya. Hal ini bisa kamu tangkap dengan menyediakan persewaan perlengkapan dan mainan bayi. Usahamu bakal turut membantu keluarga untuk berhemat dengan pengeluaran mereka.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 01 Dec 2023

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 06 Des 2023

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS