Alm. Dr. Gatot Sudjito, M.Si., Anggota DPRRI Komisi V, di Mata Anak-anak Muda

Halo Berita 19 Jan 2021, By Rahmat DS
Alm. Dr. Gatot Sudjito, M.Si., Anggota DPRRI Komisi V, di Mata Anak-anak Muda (halopacitan/istimewa)

Senin (18/01/2021) masyarakat Indonesia, utamanya masyarakat Daerah Pemilihan (DAPIL VII) Jawa Timur sontak dikejutkan dengan kabar duka, atas berpulangnya Dr. H. Gatot Sudjito, M.Si. Alm Gatot Sudjito meninggal dini hari kemarin pukul 03.00 di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, di usia 60 tahun.

Gatot Sudjito yang akrab dijuluki GS merupakan politisi Partai GOLKAR yang berjuang dari bawah. Ia pernah menjadi anggota DPRD Surabaya (1999-2004), anggota DPRD Jatim (2004-2009 dan 2009-2014), hingga anggota DPR RI (2014-2019 dan 2019-2024). Hal itulah yang membuat Gatot sangat matang dalam menjalankan roda organisasi.

Kepulangan GS membuat terpukul banyak kalangan, bukan saja orang-orang di jajaran Partai GOLKAR, bahkan masyarakat umum pun merasakan kehilangan sosok yang dikenal begitu santun, amanah dan rendah hati tersebut.

Jejaknya di DAPIL VII Jatim dimana ia diberangkatkan sangat membekas, karena anggota DPR RI yang satu ini sangat piawai dalam memilih orang-orangnya di lapangan sehingga program yang dibawanya benar-benar menyentuh dan tepat sasaran. Semua merasa kehilangan dengan wafatnya Gatot Sudjito, anggota DPR RI Komisi V tersebut.

Helmi (27) mengaku, “Sosok pak Gatot bagi saya menjadi inspirasi dan panutan, beliau wakil rakyat sejati, yang benar-benar menjadi penyambung lidah rakyat,  beliau menjalin hubungan tanpa sekat dengan siapapun itu, beliau juga sosok yang konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat kecil khususnya diwilayah pedesaan”, kata Ketua BUMDES Krida Taruna, Desa Pelem Kecamatan Pringkuku pada halopacitan (19/01/2021).

Sosok Gatot Sudjito ternyata juga sangat membekas bagi remaja usia 17 tahun, yang tercatat sebagai siswa SMAN 1 Pacitan. Echa yang kala itu menjadi duta Parlemen Remaja Dapil VII Jawa Timur merasa sangat diperhatikan saat melakukan kegiatan Parlemen Remaja di DPR RI. Kendati waktu itu Pak GS sedang ada kunjungan di luar Jawa namun Beliau meminta staf ahlinya untuk menemui kami yang berasal dari Dapil VII Jawa Timur.

“Saya benar-benar terkejut dengan kepergian Beliau Bapak Gatot Sudjito. Sosok yang sangat baik, perhatian, santun dan rendah hati pergi begitu cepat”, tutur Penyabet Juara 1 Duta Pelajar SMA Putri Provinsi Jawa Timur tersebut.

Jejak GS sungguh sangat membekas di hati masyarakat Pacitan termasuk para pemuda yang pernah berinteraksi dengannya. Muhlisin, penggerak pengrajin tusuk sate di Kecamatan Tulakan menyampaikan, “Menurut saya tdk berlebihan jika beliau itu menjadi panutan, seorang tokoh politik yg sangat ramah, rendah hati, santun dan sangat ber etika”, katanya.

“Jadi sangat  wajar bila begitu banyak masyarakat yang sangat berduka dan kehilangan sosok seperti beliau, program-programnya yang begitu menyasar dan sangat manfaat  di masyarakat menjadikan beliau tambah dicintai oleh rakyatnya”, ujar laki-laku yang juga sebagai penguru harian Partai Golkar Pacitan, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM tersebut pada halopacitan (19/01/2021).

“Jujur saya pribadi meragukan adakah nanti sosok berikutnya yg seperti beliau. Saya juga sangat mengagumi beliau yg begitu khusuk dalam beribadah, seperti yg selalu puasa senin kamis, puasa daud dan sebagainya. Semoga kita bisa meneladani beliau, baik dalam berpolitik, berperilaku, bersikap, maupun dalam beribadah”, kata Muhlisin mengakhiri.

undefined

SP