Antisipasi Potensi Tsunami Pacitan, Peran Relawan Sangat Vital

SP - Rabu, 15 September 2021 21:37 WIB
Sarasehan antisipasi potesi tsunami di Pacitan (sumber: pacitankab)

Segala upaya sosialisasi terus dilakukan Pemerintah Daerah, ormas, hingga masyarakat dalam melakukan antisipasi dengan prediksi potensi tsunami di Pacitan Jawa Timur. Seperti yang dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama BPBD Pacitan menggelar Sarasehan Forum Pengurangan Resiko Becana, hari ini Rabu (15/09).

Bertempat di Gedung Dakwah Muhammdiyah Pacitan, acara tersebut dihadiri oleh komunitas dan relawan seperti Senkom, Karang Taruna, KNPI, Sar MTA, LPBNU, Rapi, Orari, Saka Bahari, Relawan Sego Berkat, dll. Upaya tersebut dilakukan untuk melakukan antisipasi terkait informasi potensi gempa kuat zona megathrust, sehingga masyarakat didorong untuk melakukan antisipasi mempersiapkan diri, keluarga, komunitas dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Diannita Agustinawati menyampaikan, “Peran relawan sangat penting sekali sehingga bisa menjadi sinergitas dalam hal penanggulangan bencana. Upaya yang pasti dilakukan adalah mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah konkrit untuk meminimalkan resiko korban jiwa dan kerugian sosial ekonomi ”.

 

RELATED NEWS