Bawaslu Pacitan, Lakukan Bimtek Pengelolaan Data dan Informasi

Halo Berita 8 Feb 2020, By Rahmat DS
Bawaslu Pacitan, Lakukan Bimtek Pengelolaan Data dan Informasi (halopacitan/istimewa)

Menghadapi PILKADA Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan dalam 227 hari ke depan, Badan Pengawas PEMILU (Bawaslu) Kabupaten Pacitan terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas Panitia Pengawas Kecamatan. Langkah berikutnya, yang dilaksanakan Bawaslu adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan data informasi, dokumetasi dan publikasi.

Bertempat di hotel Prasasti Pacitan, Jumat 07/02/2020, Agus selaku Koordinator Divisi Hukum data dan informasi Bawaslu Pacitan memberikan arahan  kepada Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) untuk mengukur kualitas laporan kegiatan dan pengelolaan data. Lebih lanjut, data dan laporan ini harus bisa menunjukkan kinerja pengawas di tingkat kecamatan dan desa. "Setiap Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan diharapkan minimal membuat 1 informasi yang disampaikan ke publik dalam 1 bulan" tegasnya. 

Lebih lanjut, Agus Hariyanto menghimbau “Dengan minimal satu informasi di masing-masing kecamatan, harapannya kerja pengawasan dari tingkat kabupaten sampai dengan desa bisa diketahui masyarakat”. Selain itu Agus juga menegaskan bahwa hasil kerja pengawas PEMILU seperti produk yang dihasilkan oleh KPU tetapi yang paling menonjol dari pengawas dalam setiap tahapan PEMILU, adalah hadir, mengawal dan mengawasi untuk menegakkan keadilan PEMILU. Ia menggarisbawahi dari apa yang disampiakan oleh Pramudya Anantatour bahwa orang boleh pandai setinggi langit tetapi bila ia tidak menulis maka akan hilang dalam masyarakat dan dalam sejarah”. tutup Agus saat dikonfirmasi halopacitan (8/02/2020).

undefined

SP