Bawaslu Siap Kawal Netralitas ASN, TNI/POLRI di PILKADA Pacitan 2020

Halo Berita 7 Feb 2020, By Rahmat DS
Bawaslu Siap Kawal Netralitas ASN, TNI/POLRI di PILKADA Pacitan 2020 (halopacitan/istimewa)

Tidak lama lagi, tepatnya 228 hari ke depan PILKADA Bupati dan Wakil Bupati Pacitan akan digelar. Segala persiapan telah dilakukan sekaligus dengan pengawasannya. September tanggal 23 tahun 2020 nanti akan menjadi bukti totalitas kinerja, baik calon bupati dan wakil bupati, maupun para peyelenggara  PILKADA.

Mohammad Mashuri, Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu) Pacitan mengatakan serius akan melakukan pengawasan terhadap tahapan PILKADA Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan. “Kami serius melakukan pengawasan karena kami ingin pelaksanaan PILKADA di Pacitan berjalan sesuai dengan aturan main yang berlaku”, ucap laki-laki mantan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM) anti korupsi pada halopacitan (06/02/2020).

Netralitas ASN, TNI/Polri dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia harus terus terjaga. Dilansir dari laman bawaslupacitan, https://pacitan.bawaslu.go.id (4/02/2020),  Bawaslu Pacitan melalui Divisi Penanganan Sengketa dan Divisi Pencegahan & Pengawasan Bawaslu Kabupaten Pacitan silaturahmi dengan Kepala Kepolisian Resort (Polres) Pacitan. Koordinasi ini sebagai bentuk  langkah pencegahan terhadap pelanggaran netralitas ASN dan TNI/Polri pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan.

AKBP Didik Hariyanto, Kapolres Pacitan, menghimbau anggotannya untuk selalu bersikap netral dalam berpolitik. "Saya selaku Kapolres pacitan selalu memberi arahan dan himbauan kepada anggota dan jajaran jajaran polres untuk tidak ikut serta dalam unsur politik”.

Hal serupa di sampaikan Syamsul Arifin selaku kordiv Penyelesaian Sengketa, bahwa TNI harus netral. "Kenetralan abdi negara sangatlah utama karena telah di tetapkan oleh undang undang yang berlaku" tegasnya

Dalam hal temuan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Pacitan. Bawaslu terus melakukan tahapan klarifikasi. “Kami tindaklanjuti temuan pengawas pemilu kecamatan Pacitan pada tahapan pra pemilihan. “Kami berharap di tahap prapemilihan ini agar, pertama,  PNS aktif tdk terlibat langsung ke dalam politik praktis; kedua,  sebagai acuan kalo bawaslu serius mengawasi PNS, TNI,  dan Polisi sebagaimana diatur dalam perbawaslu no.  6 tahun 2018 tentang netralitas ASN,  anggota TNI dan anggota Kepolisian RI”, tutup ayah dua putra itu pada halopacitan.

undefined

SP