Berkat Amora Pregnancy Biscuit, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Medali Perak di Ajang Internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021

Rahmat Deny - Selasa, 07 September 2021 20:59 WIB
Berkat Amora Pregnancy Biscuit, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Medali Perak di Ajang Internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) melakukan inovasi produk mengolah porang menjadi produk pangan sehat yang memiliki nilai jual berupa makanan pendamping ibu hamil yang diberi nama Amora pregnancy biscuit. Bahkan, dari inovasi produk tersebut berhasil meraih medali perak pada ajang internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021.

Porang (Amorphophallus muelleri) merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi. Glukomanan merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mempercepat rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit.

Dilansir dari laman Universitas Brawijaya, kelima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) adalah M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat dibawah bimbingan Dr. Lilik Wahyuni, M.Pd.

Amora Pregnancy Biscuit merupakan produk olahan porang sebagai bentuk diversifikasi pangan berupa biskuit untuk makanan pendamping ibu hamil. Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit dapat digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang sehingga dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama dan menekan asam lambung yang bisa mengurangi mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum.

Dengan mengkonsumsi Amora Pregnancy Biscuit, ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan bagi ibu dan janin.

Amora Pregnancy Biskuit merupakan inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang di selenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Saat ini Amora Pregnancy Biscuit dijual dengan harga Rp 20.000. Dan untuk pembelian bisa melalui platform berikut, @biscuit_amora(IG), Amorapregnancy_indonesia (shopee).

Editor: SP

RELATED NEWS