BPBD Pacitan Himbau Masyarakat Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem

Halo Berita 11 Jan 2020, By H. Yusuf Evendi
BPBD Pacitan Himbau Masyarakat Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem (halopacitan/istimewa)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan menghimbau masyarakat untuk bersiap mengahadapi cuaca ekstrem hingga akhir bulan Januari ini.  Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah Pacitan Didik Alih Wibowo pada siaran persnya, Sabtu (11/1/2020) di Pacitan. Didik Alih mengingatkan kepada masyarakat luas khususnya mereka yang bermukim di kawasan rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan dini seiring cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi beberapa hari mendatang.

“Berdasarkan release dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) akan  ada cuaca ekstrem sehingga masyarakat kami himbau untuk meningkatkan kesiapsiagaanya” kata Didik. Lebih lanjut, Didik mengatakan, ancaman bencana tersebut selain banjir dan tanah longsor juga berpotensi gelombang tinggi serta badai.

“Masyarakat perlu siaga dan waspada serta tidak perlu panik, apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, segeralah menghubungi pos-pos kebencanaan yang telah didirikan BPBD maupun TNI/Polri. Selain itu, masyarakat kami harapkan lebih mempercayai rilis resmi yang disampaikan BPBD maupun BMKG”, imbuhnya.

Terakhir, nahkoda BPBD Pacitan tersebut meminta agar masyarakat sedini mungkin mempersiapkan diri dan berkemas sebab sejauh ini belum ada pendekatan keilmuan ataupun teknologi yang bisa memprediksi kapan terjadinya musibah bencana alam.

“Amankan segera dokumen-dokumen penting. Selain itu persiapkan beberapa baju, selimut, obat-obatan, peralatan vital bagi wanita, anak-anak serta uang tunai secukupnya. Antisipasi itu perludilakukan seandainya terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kita sudah siap” Pesan dia.

undefined

SP