Bupati Indartato Wajibkan Semua Keluarga Punya Jamban

Halo Berita 17 Jul 2019, By AZ
Bupati Indartato Wajibkan Semua Keluarga Punya Jamban (istimewa /Humas Pemkab)

Halopacitan, Sudimoro--Bupati Indartato Pacitan secara serius menyoroti masalah kepemilikan jamban oleh masyarakat yang menjadi persyaratan penting terciptanya lingkungan yang sehat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pacitan Indartato saat tilik warga di wilayah Kecamatan Sudimoro, Rabu (17/7/2019).   “Nanti setiap OPD turun ke lapangan. Mendata warga yang belum memiliki jamban,” ujar Bupati Indartato

Kepemilikan jamban untuk setiap keluarga menjadi salah satu syarat wajib terciptanya sistem sanitasi lingkungan yang sehat. Sebab tanpa itu, masyarakat akan membuang kotoran di sembarang tempat. Sehingga berpotensi mencemari air tanah. Karena dalam kotoran mengandung beragam bakteri. Salah satunya pemicu penyakit hepatitis A.

Selain masalah jamban, dalam tilik warga kali ini warga juga berkeluh kesah dengan minimnya lokasi penampungan air komunal. Jika sarana tersebut ada maka warga tidak perlu lagi untuk mengantre saat droping air bersih. Termasuk kemungkinan memaksimalkan sumber-sumber air bersih yang ada. “Akan kita realisasikan. Tetapi tidak langsung keseluruhan,” terang Indartato.

Pada kegiatan itu pula Bupati dan rombongan memberikan bantuan air bersih yang disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Dusun Telogorejo, Desa Sudimoro dan Dusun Gondosuli, Desa Pagerlor. Melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga diserahkan bantuan untuk warga kurang mampu.

Masalah jamban juga telah menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Sekda Pemprov Jawa Timur, Heru Tjahjono di Malang Minggu mengatakan Pemprov Jatim berencana memberikan bantuan berupa pembangunan jamban ke setiap kepala keluarga (KK) di Pacitan. Jamban tersebut adalah jamban keluarga, bukan jamban komunal yang digunakan secara bersama-sama.

"Tapi septic tank-nya secara kumulatif. Jadi untuk kebutuhan jamban dan kebutuhan air. Selain itu juga kami juga akan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dari dinas kesehatan," tambahnya.

 

undefined

AZ