Capai 34 Orang, Grafik COVID Pacitan Masih Terus Merangkak

Halo Berita 7 Jul 2020, By A. Tri Armasyah
Capai 34 Orang, Grafik COVID Pacitan Masih Terus Merangkak (halopacitan/A. Tri Armansyah)

Bupati Indartato, yang sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pacitan, Selasa (7 Juli 2020) mengumumkan bahwa kasus COVID-19 di Pacitan bertambah 5 orang.  Sejumlah 4 orang berasal dari Kecamatan Sudimoro dan 1 orang dari Kecamatan Pacitan. Dengan bertambahnya kasus COVID tersebut total positif sampai hari ini sebanyak 34 orang, dan 12 orang diantaranya sembuh.

Indartato dalam kesempatan tersebut menyampaikan, “Alhamdulillah untuk hari ini, pasien sembuh ada 1 orang jadi total ada 12 orang pasien sembuh. Pasien yang menjalani perawatan ada 21 orang dimana 3 orang dirawat di RSUD Kabupaten Pacitan, 1 orang di RSUD Kota Madiun dan 17 orang dirawat di Wisma Atlet. Dan 1 orang pasien meninggal dunia. Dan semoga tidak bertambah.”

Selanjutnya beliau menegaskan akan tetap perlunya antisipasi, partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk pencegahan penularan COVID-19 seperti kebiasaan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun setiap saat dan menjaga jarak (physical distancing).

Mengutip dari Kapolres Pacitan, beliau menghimbau kepada petugas Gugus Tugas Daerah untuk benar-benar melaksanakan program 3T (Tracing, Testing, Treatment) dalam penanganan kasus COVID-19 di Kabupaten Pacitan. Beliau menekankan pada tracing terhadap riwayat pasien sebelum dinyatakan positif dan kemudian dilanjutkan dengan menganalisis daerah-daerah yang kemungkinan dapat menjadi kerawanan penularan.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengajak kepada rekan media massa untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kedisiplinan dan kejujuran jika nantinya dinyatakan ada yang positif COVID. Tindakan pemerintah dalam meledaknya kasus kluster lokal di Kecamatan Sudimoro, saat ini sudah melakukan karantina terhadap pasien positif confirm di Balai Desa Sukorejo dan Balai Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro.

Juru Bicara Gugus Tugas Daerah COVID-19 Pacitan, Rahmad Dwiyanto kemudian memberikan tambahan keterangan tentang kasus terbaru di kesempatan selanjutnya.  “Kasus pasien positif 5 orang berjenis kelamin perempuan. Latar belakang 4 pasien dari Kecamatan Sudimoro sebagai pegawai PLTU Sudimoro di bagian manajemen logistik. Untuk 1 orang dari Kecamatan Pacitan adalah tenaga kesehatan di RSUD Dr.Darsono Pacitan. 5 orang pasien positif confirm ini berumur kisaran 22-32 tahun.”

undefined

SP