Cara Cerdas Simpan Sayur, Daging dan Ikan di Tengah Pandemi

Halo Sehat 2 Apr 2020, By Rahmat DS
Cara Cerdas Simpan Sayur, Daging dan Ikan di Tengah Pandemi (halopacitan/istimewa)

Di tengah pandemi COVID-19, semua orang dituntut cerdas dalam berbelanja, mengolah dan tahu strategi menyimpannya. Sosial dan physical distancing menyebabkan orang tidak akan bisa berbelanja setiap hari. Untuk itulah kita perlu tahu cara menyimpan bahan makanan.

COVID-19 identik dengann stay at home. Namun di sisi lain, nutrisi seluruh anggota keluarga harus terpenuhi. Sehingga pengetahuan cara meyimpan bahan makanan seperti ikan, daging ayam, daging sapi, dan sayuran, agar awet dan tahan lama. Dilansir dari kompas.com ini dia cara menyimpan bahan makanan agar awet.

  1. Menyimpan Sayur

Jenis sayuran yang berbentuk daun, seperti kangkung, bayam, dan sawi, kita bisa menyimpannya di kulkas. Bersihkan dahulu sayuran dari gagang dan akar lalu cuci dengan air, keringkan dan masukkan ke dalam plastik klip dan simpan di kulkas. Bila tak punya, plasyik kita bisa menggunakan kertas untuk membungkusnya dan dimasukkan ke dalam wadah plastik. Untuk sayuran lain, seperti kentang, wortel, dan bawang, sebaiknya diletakkan di suhu ruangan. Agar bersih, sebelum disimpan, kamu bisa menjemurnya sejenak di panas matahari agar bakteri, kuman, dan virus yang mungkin menempel pada kulit sayuran bisa mati karena panas matahari.

  1. Ikan

Pilih ikan yang masih hidup. Ikan air tawar menjadi alternatif, namun, bila ingin menyimpan ikan laut, pilih ikan yang masih segar dengan memperhatikan insang ikan yang masih berwarna merah, ikan tidak berbau, mata ikan tidak berwarna merah, dan bagian perut masih terasa keras. Bersihkan ikan dengan mengeluarkan semua isi perutnya, potong-potong lalu beri perasan jeruk nipis dan baluri dengan garam.

Setelah itu, masukkan dalam plastik klip atau bila tak memilikinya, simpan dalam wadah plastik makanan untuk satu kali porsi memasak dan simpan dalam freezer.

  1. Daging sapi

Daging sapi dan iga daging sapi memang disarankan untuk tak dicuci. Namun, sebelum mengolah, ada baiknya kita merebus sedikit air, biarkan mendidih, masukkan daging selama 3 menit, lalu buang air rebusan dan olah daging sesuai selera. Potong-potong daging dalam porsi sekali masak lalu masukkan ke wadah tertutup rapat. Baru simpan dalam freezer.

  1. Daging ayam

Daging ayam sebelum disimpan di freezer, cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, sama seperti daging sapi, kamu bisa membungkusnya dengan plastik dan baru memasukkan ke lemari pendingin.

undefined

SP