Cegah Hepatitis A, Pemprov Jatim Siapkan Bantuan Jamban untuk Pacitan

AZ - Minggu, 14 Juli 2019 07:00 WIB
ilustrasi undefined

Halopacitan, Pacitan--Merebaknya kasus Hepatitis A mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk memberi bantuan jamban bagi setiap kepala keluarga di Pacitan, Jawa Timur.

"Penanganan untuk kasus Hepatitis perlu secara sustainable. Seperti di Pacitan kemarin itu. Salah satu caranya upaya jamban," kataSekda Pemprov Jawa Timur, Heru Tjahjono di Malang Minggu (14/07/2019).

Dia menuturkan, Pemprov Jatim berencana memberikan bantuan berupa pembangunan jamban ke setiap kepala keluarga (KK) di Pacitan. Jamban tersebut adalah jamban keluarga, bukan jamban komunal yang digunakan secara bersama-sama.

"Tapi septic tank-nya secara kumulatif. Jadi untuk kebutuhan jamban dan kebutuhan air. Selain itu juga kami juga akan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dari dinas kesehatan," tambahnya sebagaimana dikutip dari Medcom.id.

Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis A di Pacitan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur mengungkap, sebanyak 1.000 warga Pacitan tertular Hepatitis A.

Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan diduga terkait dengan tercemarnya air Sungai Kaligoro di Desa Sukorejo, Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur. Air sungai itu merupakan sumber air masyarakat.

"Sejauh ini tidak ada tambahan pasien. Di rumah sakit tidak nambah, di puskesmas juga tidak nambah," kata Kepala Dinkes Jawa Timur, Kohar Hari Santoso.

Bagikan

RELATED NEWS