Cegah Kanker Serviks, Jangan Takut Skrining

Halo Berita 17 Jan 2021, By Rahmat DS
Cegah Kanker Serviks, Jangan Takut Skrining (halopacitan/istimewa)

Siapa sangka kanker serviks ternyata menempati urutan kedua penyebab kematian  di Indonesia setelah kanker payudara. Resiko tersebut sebenarnya bisa diturunkan asalkan ada kesadaran dari masyarakat untuk melakukan pemeriksaan awak sehingga bila terjadi gejala bisa ditangani sedini mungkin.

Untuk itu, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), Indonesia Cancer Care Community (ICCC), dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Barat kembali mengkampanyekan pentingnya kesadaran masyarakat akan upaya skrining pada kanker serviks.

“Edukasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan secara dini kanker serviks pada wanita Indonesia, sekaligus bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Serviks,” kata Selvinna, Marketing General Manager One Onco Kalbe Farma, seperti dilansir dari TrenAsia.com.

Selvinna menjelaskan, kanker serviks merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini HPV (Human Papilloma Virus) DNA secara rutin. Terutama bagi wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Deteksi dini kanker serviks yang ada saat ini meliputi IVA (Inspeksi visual asam asetat), Papsmear, Papsmear Berbasis Cairan, dan HPV DNA. Tes HPV DNA dilakukan untuk mendeteksi sejak awal terjadinya infeksi virus HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Dalam rangka Bulan Peduli Kanker Serviks, Kalbe mempunyai Program Skrining HPV DNA bekerja sama dengan YKI Jawa Barat. Pemeriksaan HPV DNA ini mencakup pemeriksaan terhadap 15 subtipe highrisk.

Pemeriksaan ini didukung oleh Laboratorium Kalgen Innolab yang dimiliki oleh Kalbe Group. Laboratorium ini memberikan layanan mulai dari pemeriksaan sederhana hingga yang canggih seperti pemeriksaan molekuler guna mendukung pengobatan yang lebih presisi.

undefined

SP