Cegah Kontak Langsung, Gugus Tugas Sampaikan Kasus COVID Pacitan Lewat Virtual

SP - Kamis, 16 Juli 2020 06:54 WIB
Rahmad Dwiyanto, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Pacitan undefined

Masih masifnya persebaran COVID-19 di Pacitan menuntut semua komponen masyarakat bersinergi untuk melakukan upaya-upaya pencegahan. Salah satu yang akan ditempuh ke depan adalah tidak adanya interaksi langsung dalam penyampaian perkembangan COVID-19 di Pacitan melainkan melalui virtual, mengingat Peraturan Bupati no 56 tahun 2020, interaksi masyarakat dengan lebih dari 10 orang harus menyampaikan pemberitahuan.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Pacitan pada halopacitan, Rabu (15/07/2020) melalui WhatsApp, “Kami terus melakukan antisipasi-antisipasi sehingga ke depan tidak ada penyampaian rilis pers perkembangan kasus COVID-19 secara visual. Namun, agenda tersebut akan dialihkan secara virtual dengan teman-teman media. Jadi ketika ada perkembangan kasus COVID-19, akan disampaikan secara virtual dan diwakilkan kepada juru bicara ,” ujar Rahmad Dwiyanto.

“Masyarakat bisa menyimak informasi berkaitan dengan COVID-19 di Pacitan selama sebulan sekali dan akan disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Sedangkan informasi COVID-19 di Pacitan dalam skala kecil, cukup dengan juru bicara GTPP secara virtual,” jelasnya.

“Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mencegahan dan meminimalkan kontak langsung. Artinya kita berikhtiar agar kasus COVID-19 di Jatim yang masih tinggi perlahan dapat ditekan. Apalagi sudah menyasar ke kalangan pewarta. TVRI Surabaya, saat ini sudah di lockdown, karena ada ledakan pasien positif COVID-19 dari para pewarta. Termasuk dikabarkan wartawan Metro TV juga sudah ada yang terinfeksi COVID-19,” beber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan tersebut.

“Saya mengajak semua komponen masyarakat termasuk teman-teman media untuk bersama-sama dan tidak mengenal lelah memberikan edukasi kepada masyarakat agar tertib dengan protokol kesehatan. Masyarakat harus disiplin menggunkana masker, karena masker yang kita pakai akan melindungi kita dan orang lain di sekitar kita. Kebiasaan hidup bersih dan sehat juga harus dilakukan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta terus menjaga imunitas tubuh sehingga virus tidak mudah menyerang”, pungkasnya.

Bagikan

RELATED NEWS