Covid 19 Melanda, Masyarakat Pacitan Harus Terus Waspada

Halo Berita 19 Mar 2020, By Rahmat DS
Covid 19 Melanda, Masyarakat Pacitan Harus Terus Waspada (halopacitan/istimewa)

Jumlah penderita virus Corona atau lebih dikenal dengan sebutan COVID-19 terus meningkat. Sampai Kamis, 19 Maret 2020 total pengidap virus ini diseluruh Indonesia sebanyak  309 kasus.

Hal ini diungkapkan juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB. "Total kasus pada hari ini adalah 309 orang," ungkap Yurianto di Jakarta, Kamis (19/03/2020).

Dari jumlah pengidap virus Corona itu, sebanyak 25 pasien meninggal dunia dan yang dinyatakan sembuh 15 orang. Jumlah kesembuhan pasien ini meningkat dibandingkan sehari sebelumnya sebanyak 11 pasien.

Tak pelak, hari ini data terbaru Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dilasir dari akun instagram JTV Pacitan, terdapat 51 orang berstatus sebagai ODR (Orang dalam Resiko), 8 orang dinyatakan ODP (Orang dalam Pengawasan) dan 1 orang sebagai PDP (Pasien dalam Pengawasan).

Tommy, salah satu warga Arjosari berharap pemerintah daerah lebih sigap dalam mengantisipasi ancaman virus Corona ini. Dengan populasi masyarakat Pacitan lebih dari 600 ribu orang, virus ini bisa menyebar cepat jika menginfeksi. Apalagi lalu lintas warga ke arah Solo juga sangat tinggi dibandingkan ke kota-kota besar lainnya, karena hanya berjarak 120  km, dan medan yang lebih save.

"Jika melihat dan membaca berita soal Corona yang pasti khawatir. Apalagi fasilitas kesehatan di Pacitan sangat terbatas. Rumah sakit rujukan untuk penyakit ini juga di luar kota. Biayanya pasti tambah mahal kalau sampai terkena COVID-19," ujarnya.

 

undefined

SP