Curug Muning, Potensi Besar yang Masih Butuh Banyak Sentuhan

Halo Wisata 13 Feb 2020, By H. Yusuf Evendi
Curug Muning, Potensi Besar yang Masih Butuh Banyak Sentuhan  (Halopacitan/H. Yusuf Evendi)

Potensi Wisata Kota Pacitan memang tak pernah ada habisnya. Kali ini tim halopacitan kembali mengungkap sebuah potensi alam yang masih sangat perawan dan sangat layak dijadikan wisata unggulan. Curug Muning,  ya mungkin nama Curug Muning masih agak sedikit asing bukan? Namun dibalik keasingannya itu,  ternyata Curug Muning menyimpan keindahan yang sangat luar biasa. Sebuah air terjun yang terletak di RT.03 Dusun Krajan Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirojo Pacitan ini tak kalah cantiknya dengan Grojokan Sewu yang ada Tawangmangu Karanganyar..

Beberapa hari yang lalu tepatnya hari kamis (6/2/2020) tim halopacitan menyempatkan diri untuk mencoba melihat langsung keindahan air terjun Curug Muning.  Setelah melakukan perjalanan sekitar satu setengah jam dari pusat kota Pacitan akhirnya sampai juga di desa Wonosobo, dari balai desa Wonosobo untuk menuju ke lokasi Curug Muning, tim masih harus menempuh Jarak kurang lebih 1 km, namun ternyata kendaraan bermotor tidak dapat masuk ke lokasi Curug, kami masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang masih sangat natural (belum ada pembangunan) sekitar 200 Meter.  Kondisi jalannya pun masih cukup terjal lincin sehingga harus berhati-hati.  Sesampainya di curug muning kami disambutan suasana yang sepi dan sejuk. rasa capek pun terbayar dengan keindahan Curug Muning. ibarat surga yang tersembunyi, Curug Muning dikelilingi tebing dan pepohonan rindang semakin membuat syahdu suasana. Ditambah lagi batu-batu besar di dasar air terjun membuat semakin lengkap keindahannya

Dalam perjalanan ini tim halopacitan, kami ditemani Iwit Utomo (31) salah satu tokoh pemuda setempat yang memiliki inisiatif membuka Curug Muning sebagai Icon Wisata baru di desa Wonosobo, Ia menuturkan bahwa dirinya dan para warga sejak satu bulan yang lalu mulai mencoba bergotong-royong membuka akses jalan menuju Curug Muning, serta memasang beberapa papan slogan kata-kata unik untuk memperindah lokasi.

“Kami sudah sejak sebulan yang lalu, biasanya setiap hari minggu berkerja bakti untuk membuka akses menuju ke curug muning ini, selain itu untuk memperindah lokasi kami pun memasang beberapa papan slogan dengan kalimat yang unik” Kata Wiwit kepada halopacitan.

Iwit juga menambahkan bahwa sebenarnya Curug Muning saat ini masih tahap rintisan dan masih memerlukan banyak setuhan serta perhatian dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta agar potensi besar yang ada di Curug Muning bisa dioptimalkan.

“Curug Muning ini masih sangat alami sebab masih tahap rintisan, masih butuh banyak sentuhan serta perhatian dari pemerintah maupun swasta sangat kami harapkan agar potensi yang ada pada Curug Muning bisa maksimal” tambahnya

Pada kesempatan yang sama Edi Purnomo (35) yang merupakan Ketua RT setempat juga berharap agar Curug Muning dapat menjadi wisata baru di Wonosobo, Ia juga sangat mengapresiasi usaha warganya yang memiliki ide dan inisiatif untuk membuka Curug Muning ini.

“Saya berharap Curug Muning ini menjadi wisata baru di Wonosobo, saya juga sangat mengapresiasi dan mendukung usaha para warga yang memiliki ide dan inisiatif untuk membuka Curug Muning ini” kata Edi.

undefined

SP