Damkar Pacitan Eksekusi Sarang Tawon Terbesar

AZ - Sabtu, 26 Mei 2018 12:05 WIB
Petugas Damkar Pacitan saat hendak mengambil sarang tawon undefined

Halopacitan, Pacitan—Sebuah sarang tawon raksasa ditemukan di atab lantai dua sebuah rumah kontrakkan yang ada di Kebon Kelurahan Ploso, Pacitan. Pengambilan sarang tawon yang dilakukan pada Jumat (25/05/2018) ini adalah yang keempat kalinya dilakukan Damkar tetapi merupakan yang terbesar.

Sarang tawaon ini diketahui sejak sebulan yang lalu. "Sekitar satu bulan yang lalu [sarang tawon diketahui], bermula dari dua pekerja saya melihat sarang tawon yang lumayan besar," kata Rusmadi (67) pemilik tempat kos saat ditemui Halopacitan, Jumat (25/05/2018) malam.

Rusmadi sempat bingung untuk menangani sarang tawon tersebut, karena tempatnya sulit dan tinggi selain jug besar dan berdekatan dengan rumah warga. Akhirnya ia dapat informasi kalau Damkar bisa menangani hewan yang memiliki sengat tersebut,

"Sebenarnya saya sempat bertanya-tanya, apa termasuk tupoksinya Damkar? Akhirnya saya pun mencoba untuk menghubungi siang tadi dan alhamdulillah Damkar siap dan bisa,"imbuhnya.

Sarang tawon yang dieksekusi

Setelah mendapat laporan dari warga tentang adannya sarang tawon akhirnya tim Damkar pun turun tangan untuk menangkap binatang teresbut.

"Setelah dapat laporan, kami pun datang dilokasi sekitar pukul 21.00 WIB dan selama kurang lebih dua jam dengan kondisi tempat yang rumit akhirnya rekan-rekan tim bisa eksekusi sarang tawon ini dengan lancar," kata Bambang Supriyanto,SE ,Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Pemadam Kebakaran (Damkar) Pacitan.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, ini keempat kalinya tim Damkar mengendalikan sarang tawon, "Dalam hal ini selama kami menangani pengambilan sarang lebah, kali ini merupakan yang terbesar, lebih tinggi tempatnya juga rumit dan memiliki catatan waktu yang terlama,"imbuhnya

Kami juga mengimbau masyarakat yang ada di Pacitan jika menemukan sarang lebah yang mengganggu di sekitar lingkungannya untuk melaporkannya ke Damkar. “Tugas Damkar bukan hanya menangani api saja tapi pencegahan, penyelamatan serta pemberdayaan masyarakat," pungkasnya. (Sigit Dedy Wijaya)

Bagikan

RELATED NEWS