Dibalik Rasa Pahaitnya, Daun Pepaya Punya Sejuta Pesona

Halo Sehat 20 Jun 2020, By Peri
Dibalik Rasa Pahaitnya, Daun Pepaya Punya Sejuta Pesona (halopacitan/istimewa)

Daun papaya mempunyai rasa pahit. Namun, tak sedikit orang menyukainya. Tanaman papaya banyak ditemui di Pacitan dan hampir di setiap pekarangan ada sehingga sangatlah mudah mendapatkannya.

Siapa sangka tanaman yang mudah tumbuh tersebut mempunyai segudang manfaat. Bukan saja buahnya,tetapi juga daunnya mengandung banyak manfaat. Dilansir dari Honestdocs yang Dr. Ahmad Muhlisin menyampaikan beberapa manfaat daun papaya.

  1. Meredakan gejala demam berdarah

Bila anda mengalami berbagai gangunan medis seperti demam, muncul ruam pada kulit, nyeri sendi, otot, bahkan sakit kepala , maka kemungkinan besar terserang demam berdarah.

Gangguan medis tersebut dapat diredakan dengan manfaat daun pepaya yang kaya akan enzim chymopapain dan papain, dimana keduannay mampu menormalkan kadar trombosit dan mencegah kerusakan liver akibat demam berdarah.

  1. Anti malaria

Rasa daun pepaya yang pahit snagat efektif untuk menyingkirkan malaria dalam tubuh seseorang.

  1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A,E dan C pada daun pepaya ternyata lebih tinggi katimbang buahnya.  Hal ini menyebabkan khasiat daun pepaya dapat mengusir berbagai ganguan kulit seperti jerawat, kerutan dan pigmentasi berlebih.

  1. Menangkal infeksi virus

Lagi-lagi manfaat daun pepaya yang satu ini disebabkan kandungan vitamin A,E dan C yang berjasa untuk mendongkrak kekebalan tubuh.

  1. Meredakan sakit haid

Untuk mengurangi rasa sakit haid, didihkan selembar daun pepaya bersama asam dan agaram lalu minum airnya.

  1. Menyembuhkan emphysema

Untuk mencegah penyakit emfisema tubuh perlu asupan vitamin D yang cukup dan daun pepaya menjawab kebutuhan itu.

  1. Agen detoksifikasi

Terutama bila diminum sebagai jus, manfaat daun pepaya adalah sebagai agen detoksifikasi berkat kandungan karpain uang mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme ataupun toksin lain dalam tubuh.

 

  1. Menyembuhkan eksema

Agar cepat sembuh, disarankan menepelkan daun pepaya pada area kuli yang menderita eksema(eksim).

  1. Meningkatkan trombosit

Banyak riset mendapati bahwa manfaat daun pepaya bisa meningkatkan trombosit dengan cepat.

  1. Anti ketombe

Selain berjasa dalam menyingkirkan kotoran serta miyak berlebih, pada rambut, karpain juga menguatkan tiap helai rambut.

Bagi masyarakat Pacitan, daun pepaya biasanya dibuat menu pecel, urap dan yang lebih mudah dan lezat adalah dibuat lalapan dengan sambal .

“ Hampir setiap hari saya lalapan dengan daun pepaya, kebetualan di depan rumah ada banyak pohonnya, sehingga mudah untuk memetiknya”, ungkap Mini salah satu warga Pacitan.

“ Yang lebih enak  daun pepaya dikombinasi dengan sambal trasi , apalagi dilengkapi dengan daun kenikir dan  kecipir , mantap sekali”, pungkasnya.

undefined

SP