Empat Tips Antisakit di Musim Hujan

Halo Sehat 5 Jan 2020, By H. Yusuf Evendi
Empat Tips Antisakit di Musim Hujan (halopacitan/istimewa)

Musim penghujan telah merambah, demikian juga dengan Pacitan. Sudah hampir seminggu ini Pacitan selalu diguyur hujan. Hal ini membuat sebagian masyarakat kawatir. Kekawatiran itu salah satunya mengenai kondisi kesehatan, sebab dengan datangnya musim penghujan biasanya juga dibarengi dengan munculnya beberapa gejala penyakit yang menyerang tubuh. Empat tips antisakit di musim hujan yang bisa disimak.

  1. Tubuh harus tetap hangat.

Musim penghujan biasanya identik dengan suhu yang rendah atau dingin, sehingga tubuh pun juga akan terasa dingin, jika itu dibiarkan maka gejala sakit akan menyerang. Lantas apa yang harus dilakukan ketika suhu rendah karena musim pengujan tiba? Cukup dengan memakai pakaian tebal dan tertutup, minimalisir bermain air serta gunakan air hangat untuk mandi.

 

  1. Konsumsi vitamin C.

Kandungan Vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi Anda dari resiko infeksi atau penyakit.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah Anda cepat stres dan kelelahan. Konsumsi sayur dan buah-buahan segar serta multivitamin sehingga vitamin C akan tercukupi.

 

  1. Jaga kebersihan dan kerapihan.

Di saat musim penghujan tiba tempat yang kumuh dan kotor akan menjadi sarang nyamuk dan lalat, hewan inilah yang bisa menyebabkan beberapa gejala penyakit menyerang tubuh. Untuk mengatisipasi bersarangnya nyamuk dan lalat maka kebersihan dan kerapihan rumah sangatlah diperlukan. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh pada saat musim penghujan juga sangat diperlukan untuk mengatisi bakteri yang menempel pada tubuh.

 

  1. Perhatikan asupan makanan dan Cairan

Memperhatikan asupan makanan yang sehat juga sangat diperlukan saat musim hujan tiba. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka kita juga akan terhidar dari penyakit. Mengatur pola makan dan jadwal makan juga harus dilakukan agar kondisi tubuh tetap prima. Di lain sisi asupan cairan juga harus terkontrol dan tetap diperhatikan.

 

undefined

SP