IMG-LOGO
Home Halo Berita Jet Tempur F-16 dan ...

Jet Tempur F-16 dan T-50 TNI AU Membombardir Teluk Pacitan

az - Selasa, 11 Juni 2019 pukul 15.16
F-16 Indonesia F-16 Indonesia (sumber: youtube)

Halopacitan, Pacitan—Raungan pesawat terdengar keras. Bahkan kaca jendela sejumlah rumah bergetar karena efek kejut dari mesin jet tempur. “Pesawat meraung-raung seperti tipis di atas genteng,” kata Hendra, salah satu warga Arjosari.

Penerbangan pesawat tempur tersebut sebagai bagian dari latihan yang digelar  Pangkalan TNI U Iswahyudi. Dalam surat pemberitahuan yang dikeluarkan Pangkalan Iswahyudi, latihan digelar 11-12 Juni pukul 18.00-22.00 WIB dengan mengerahkan jet tempur F-16 C/D Fighting Falcon dan T-50i Golden Eagle.

“Latihan untuk menyiapkan kemampuan penerbang F-16 dan T-50i dalam melaksanakan pengeboman sasaran permukaan laut,” kata Komandan Pangkalan Lanut Iswahyudi Marskal Pertama TNI Widyargo Ikoputro dalam surat tersebut

Masih menurut pemberitahuan tersebut latihan diisi dengan penembakan udara ke darat di laut sebelah selatan Kota Pacitan kurang lebih 5 north mil dari bibir pantai Pacitan. Pesawat terbang pada ketinggian 15.000 kaki dan menggunakan amunisi hidup Bom MK-82 dengan berat 250 kg.

F-16 adalah jet tempur ringan yang dibangun  oleh Lockhed Martin Amerika Serikat. Pesawat mesin tunggal ini memiliki kemampuan pertempuran udara ke udara dan serangan ke darat. Sementara T-50i dibangun oleh Korea Selatan. Jet dua kursi mesin tunggal ini merupakan pesawat latih dan serang ringan.