Forum Jual Beli Online Pengaruhi Penjualan Motor

Halo Berita 6 Jan 2020, By H. Yusuf Evendi
Forum Jual Beli Online Pengaruhi Penjualan Motor (halopacitan/istimewa)

Perkembangan teknologi komunikasi khususnya media sosial, ternyata memberikan dampak pada transaksi penjualan konvensioanal. Sejak adanya forum jual beli online di Pacitan khususnya via facebook,  banyak masyarakat yang memilih untuk membeli barang via forum jual beli tersebut. Di Pacitan sendiri sepedah motor menjadi salah satu barang ramai dijualbelikan di forum jual beli tersebut. Situasi ini membuat beberapa makelar sepeda motor mengeluh sebab dengan adanya forum jual beli tersebut membuat para pembeli dan penjual melakukan transaksi langsung dan seakan-akan  peran makelar sebagai perantara mulai tak dibutuhkan lagi.

Untung (42 tahun) warga Desa Pelem Kecamatan Pringkuku salah satu makelar motor mengeluhkan kondisi saat ini, Ia mengatakan bahwa omsetnya menurun dan jarang sekali melakukan transaksi sebab saat ini banyak calon pembeli atau langganannya yang memilih bertransaksi via forum jual beli online.

“Saya sekarang sepi mas, makin hari para pelanggan saya semakin berkurang, karena banyak calon pembeli lebih suka cari sepedah motor lewat forum jual beli online”, ungkapnya saat ditemui halopacitan Minggu (5/1/2020)

Makelar spesialis motor itupun juga menambahkan dengan maraknya transaksi di forum jual beli online via facebook di Kabupaten Pacitan membuat dirinya sulit untuk mencari keuntungan. Calon pembeli sudah mengetahui harga standart dengan bantuan forum jual beli tersebut.

“Sekarang saya sulit untuk mencari keuntung, sebab para pembeli sudah tahu harga pasaran motor yang diinginkan, tuh di FJB sudah terpampang jelas harga netnya”, imbuh Untung.

Namun ada pendapat yang berbeda, Arif Usman (25) salah satu penjaga sorum jual beli motor bekas di Pacitan mengatakan bahwa sebenarnya dengan adanya forum jual beli online tidak berpengaruh banyak dari segi penjualan sorum yang Ia jaga. Ia juga menambahkan bahwa sebenarnya dengan forum jual beli, sorumnya juga terbantu sebab dapat memasarkan via forum tersebut.

“Dari segi pejualan sorum kami tidak begitu berpengaruh, malah bagus dengan adanya fjb kami bisa memasarkan dagangan kami disana” kata Arif Usman saat dihubungi halopacitan Minggu (5/1/2020)

Terakhir Pria yang sering dipanggil Arif itu pun berharap dengan maraknya transaksi jual beli via online, calon tetap telili memelih dan memilah barang yang akan dibeli agar tidak tertipu serta tidak kecewa dikemudian hari.

“Walaupun sekarang ramai jual beli di fjb, saya berharap calon pembeli harus tetap teliti dalam mengecek kondisi barang biar tidak tertipu dengan kualitas barangnya” Ujarnya

 

undefined

SP