Ini Jawaban JubirSatgas COVID-19 Pacitan, Terkait Data Pasien Reaktif yang Menyebar di Media Sosial

SP - Senin, 04 Mei 2020 12:24 WIB
Rahmad Dwiyanto, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Pacitan undefined

Beredarnya data pasien rapid test di media sosial cukup meresahkan masyarakat. Pasalnya, 18 data yang beredar semuanya menunjukkan hasil reaktif, dan beberapa diantaranya merupakan kluster baru.

“Saya sangat terkejut, kawatir dan shoc dengan data yang beredar di media sosial. Kalau konidisinya benar seperti itu, bisa jadi angka positif terkonfirmasi COVID-19 di Pacitan akan terus bertambah”, ujar Intan, salah satu warga Pacitan.

Terkait dengan hal tersebut, halopacitan melakukan konfirmasi pada Satuan TugasPercepatan Penanganan COVID-19 Pacitan, Rahmad Dwiyanto, Minggu malam (03/05/2020) mengatakan “ Yang tertera di situ adalah hasil rapid test. Yang mengikuti rapid test dan hasilnya reaktif itu belum tentu pasien positif terkonfirmasi COVID-19. Nanti, setelah hasil swab keluar baru bisa diketahui status pasien. Sayangnya hal itu sudah beredar di media sosial”, tutur Rahmad Dwiyanto, yang juga juru bicara Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Pacitan.

Lebih lanjut Rahmad menyampaikan, “Mereka yang telah menjalani test dan hasilnya reaktif, sudah dilakukan karantina di wisma atlet. Sehingga saya minta masyarakat jangan resah, jangan panik dan tetap menjalankan protokol kesehatan, insya Allah aman dan tidak tertular virus corona”.

Nahkoda Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan tersebut mengharapkan agar masyarakat berperan serta aktif untuk saling mengingatkan. “Bila ada yang belum pakai masker, sebaiknya diajak pakai masker dengan memakainya sebagai pelindung diri dari batuk, percikan ludah (droplet). Pola hidup bersih dan sehat harus terus dilakukan, dengan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas, dan tetaplah di rumah bila tidak ada keperluan mendesak”, pungkas Rahmad.

Bagikan

RELATED NEWS